Manfaat Lumut Hati untuk Menetralisir Racun Ular


Pertanianku — Lumut seringkali dianggap sebagai tumbuhan tidak berguna. Padahal, ada beberapa jenis lumut yang memiliki manfaat dalam dunia kesehatan bahkan bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama untuk menetralisir racun ular seperti lumut hati.

lumut hati
Foto: Google Image

Sama seperti sebutannya, lumut ini berbentuk seperti hati. Nama ilmiah dari lumut hati ialah Hepaticophyta. Pada setiap lembaran lumut hati terdapat banyak lekukan, contohnya genus Riella. Selain itu, lumut hati juga mempunyai sel-sel yang mengandung minyak.

Lumut hati dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan bentuk talusnya, yaitu lumut hati bertalus dan lumut hati berdaun. Alat kelamin terletak pada bagian dorsal (belakang) untuk lumut hati bertalus. Semantara, pada jenis lumut hati berdaun terletak pada bagian terminal (ujung).

Lumut hati tumbuh dan menempel di bebatuan, tanah, daun-daun, pepohonan dalam rimba di daerah tropika, dan dinding-dinding pada bangunan tua yang lembap. Untuk memenuhi kebutuhannya, lumut hati dapat melakukan fotosintesis untuk makanannya sendiri (autotrof).

Lalu, kandungan apa saja yang terdapat pada lumut hati?

Berdasarkan beberapa penelitian, diketahui bahwa ekstrak lumut hati memiliki berbagai kandungan isoflavonoid, bioflavonoid, dan flavonoid. Beberapa jenis lumut hati juga mengandung triterpenoid dan steroid.

Lumut hati yang sudah melalui berbagai proses bahkan bisa dimanfaatkan sebagai tindakan pertolongan pertama apabila terkena racun ular. Walaupun demikian, itu hanya sebagai pertolongan pertama untuk menetralisir racun, karena untuk memulihkan keadaan seperti semula harus tetap membawa pasien ke dokter untuk dihisap racun sepenuhnya.

Selain itu, lumut hati juga dapat mengobati penyakit Hepatitis C, sebagai bahan obat antiseptic (obat luka), dan masih banyak manfaat lainnya yang belum diketahui banyak orang.

Sementara, manfaat lumut hati untuk tumbuhan yang ditempelinya, yakni selain dapat membantu proses fotosintesis juga dapat membantu pertumbuhan tanaman di sekitar.

Baca Juga:  Tanaman Indah Kacapiring Sebagai Penyembuh Ajaib

Lumut hati juga kerap dijadikan bahan pestisida karena mengandung anti-oksidan alami untuk melenyapkan hama-hama tanaman seperti virus, mikroba, ataupun serangga sekalipun. Manfaat lain lumut hati bagi lingkungan, yakni dapat menahan erosi.