Manfaat Makan Pisang Setiap Hari Bikin Takjub, Lho!


Pertanianku — Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Selain buah ini mudah ditemukan, harganya pun murah dan rasanya enak. Selain itu, manfaat makan pisang setiap hari juga ternyata cukup mencengangkan.

manfaat makan pisang setiap hari
Foto: Pixabay

Di Indonesia kita mengenal beberapa jenis pisang seperti pisang raja, pisang mas, pisang raja sereh, pisang kapas, pisang barangan, pisang ambon, pisang kepok, pisang raja molo, pisang lampung, pisang cavendish, dan pisang nangka. Ada juga pisang kluai hong thong, pisang tanduk, pisang ambon putih, pisang kidang, pisang ambon kuning, pisang awak, pisang tongkat langit, pisang badak, dan pisang raja uli.

Dari sekian banyak jenis pisang, ada yang enak langsung dimakan jika telah matang. Tapi, ada juga jenis pisang seperti pisang tanduk, yang lebih enak rasanya jika diolah lagi. Menjadi kolak misalnya.

Selain rasanya enak, pisang ternyata dapat memberi asupan energi yang lebih tinggi dari apel dan buah-buahan lain. Pisang juga mengandung phospor tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan apel, dan lebih banyak mengandung zat besi, vitamin A, protein, serta mineral.

Untuk setiap 100 gram pisang yang kita konsumsi, energi yang dapat diperoleh sekitar 136 kalori, dalam bentuk karbohidrat. Jika dibandingkan dengan apel, nilai energi yang dapat diberikan pisang dua kali lipat lebih tinggi dari apel. Untuk berat sama, apel hanya mengandung 54 kalori.

Energi yang diberikan pisang bersifat energi instan, yaitu tersedia dalam waktu singkat sehingga berguna untuk mensuplai kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik dan tersedia secara cepat bagi tubuh.

Kandungan gula dalam pisang berbentuk fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Ketiga jenis gula tersebut dimetabolisme dengan kecepatan yang berbeda sehingga dapat menjaga kadar gula tubuh dan menjaga tubuh dari kekurangan energi.

Baca Juga:  Mentimun Ampuh untuk Turunkan Kadar Gula Darah

Dari hasil penelitian dokter di India, pisang mampu memberi energi lewat metabolisme tubuh selama 90 menit nonstop. Pisang juga sangat kaya akan potasium yang berguna untuk mencegah kram otot. Selain itu, potasium juga berguna untuk mengurangi tekanan darah.

Melihat begitu banyak manfaat yang dapat diberikan pisang, tidak heran jika kita sering melihat atlet tenis membawa pisang ke lapangan pertandingan dan mengonsumsinya pada saat jeda. Seorang atlet tenis tunggal putra misalnya, membutuhkan sangat banyak energi.

Di Amerika Serikat, USDA (United States Department of Agriculture) menyarankan agar orang dewasa mengonsumsi pisang paling tidak dua buah setiap harinya. Jika dikonsumsi secara rutin setiap hari, pisang dapat memberi manfaat yang sama dengan latihan berat selama 90 menit.