Manfaat Menanam Mangga di Pekarangan

Pertanianku — Buah mangga bisa bernilai jual tinggi jika belum memasuki musimnya dan cenderung murah saat sudah memasuki musimnya. Buah ini memiliki banyak penggemar karena rasanya yang manis dan lezat. Tak heran, banyak orang yang tertarik untuk menanam mangga di rumah. Sebenarnya, ada banyak manfaat yang bisa Anda ambil dari pohon mangga yang ditanam di pekarangan, simak ulasan berikut ini.

menanam mangga
foto: pertanianku

Melindungi rumah

Pohon mangga memiliki tajuk yang lebar dan bisa tumbuh tinggi. Tajuknya yang lebar dapat melindungi rumah serta pekarangan rumah Anda dari paparan sinar matahari yang terik saat siang hari. Hal tersebut dapat menciptakan suasana teduh meskipun di tengah hari yang terik.

Loading...

Selain melindungi rumah dari sinar matahari, pohon mangga juga melindungi rumah dari terpaan udara polusi, apalagi jika rumah Anda berada di pinggir jalan raya. Debu akan terhalang oleh sosok tajuk pohon yang besar sehingga rumah menjadi lebih sejuk.

Manfaat buah

Tentu saja keuntungan yang paling bisa dirasakan saat menanam buah mangga adalah buah mangga yang bisa dikonsumsi. Buah yang didapatkan dari pohon sendiri tentunya akan mendatangkan sensasi yang berbeda. Mangga-mangga tersebut bisa Anda panen untuk konsumsi sendiri atau dikumpulkan untuk dijual jika jumlah buah yang panen cukup banyak.

Mudah tumbuh di Indonesia

Tanaman mangga terbilang cukup mudah untuk tumbuh di Indonesia karena kondisi iklim yang sudah sesuai. Pohon mangga bisa tumbuh, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian 1.300 mdpl. Meskipun, semakin tinggi lokasi menanam pohon akan semakin lambat juga proses pembungaan tanaman. Pertumbuhan pohon mangga akan optimal jika ditanam di ketinggian 500 mdpl.

Perawatan pohon mangga terbilang tidak rumit. Anda hanya perlu melakukan pengairan secara rutin, memberantas hama yang berpotensi merusak tanaman, membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar pohon, memangkas cabang atau ranting untuk mengendalikan bentuk tajuk dan merangsang pembungaan, serta penggemburan tanah.

Baca Juga:  Pepaya Carmida Bagus untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Tiap Hari

Umur pohon panjang

Pohon mangga yang dipelihara dengan baik bisa mencapai 20—40 tahun. Buah yang dihasilkan dari satu pohon bisa mencapai 1.000—1.200 buah per tahun.

Mangga memiliki beragam jenis atau varietas. Untuk pilihan varietas mangga yang cocok ditanam di pekarangan, Anda bisa mengunjungi toko pertanian terdekat di kota Anda. Sebagai salah satu toko pertanian yang sudah tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, Toko Trubus menyediakan beragam pilihan bibit mangga unggulan. Salah satunya, mangga chokanan yang di Juli ini sedang ada promo diskon 20%. Segera hubungi Toko Trubus untuk solusi berkebun di pekarangan.

 

Loading...
Loading...