Menakjubkan! Ini Dia Menanam Pohon Manggis di Pekarangan

Pertanianku — Sudah bukan lagi menjadi rahasia bahwa manggis merupakan buah yang kaya akan manfaat. Tak hanya daging buahnya yang segar, kulit buahnya juga sering dicari-cari oleh orang untuk digunakan sebagai obat herbal. Pohon manggis juga memiliki manfaat yang tidak kalah spektakuler dari buahnya. Berikut ini beberapa manfaat menanam pohon manggis.

menanam pohon manggis
foto: Pertanianku

Menurunkan emisi karbon

Keberadaan pohon manggis di suatu daerah bisa menjadi solusi untuk memperbaiki kondisi kualitas lingkungan tersebut. Pohon manggis dapat bekerja untuk mengurangi emisi karbon seperti CO2. Kinerja pohon semakin bagus jika Anda menanam lebih dari satu pohon. Sebab, akan lebih banyak emisi karbon yang bisa diserap oleh pohon manggis.

Akar dan batang pohon terbilang cukup kuat dan elastis. Umur tanaman buah ini terbilang cukup panjang, bisa mencapai ratusan tahun. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar pohon dalam jangka waktu panjang.

Kualitas udara yang ditimbulkan menjadi lebih bersih dan segar. Tentu saja kondisi tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Bernilai ekonomis

Pohon manggis yang ditanam dengan benar dapat menghasilkan buah yang lebat. Buah-buah tersebut bisa bernilai ekonomis sehingga bisa menjadi pemasukan tambahan. Manggis memang tidak bisa langsung berbuah setelah ditanam. Anda perlu menunggu hingga pohon berumur delapan tahun untuk berbuah.

Namun, pohon manggis yang masih berumur 0—3 tahun membutuhkan pohon naungan untuk berlindung dari paparan cahaya matahari secara langsung. Anda bisa menanam pohon naungan seperti pisang, balsa, atau pepaya yang dapat menghasilkan keuntungan.

Menjaga persediaan air di dalam tanah

Keberadaan pohon manggis bukan saja berguna untuk mengurangi emisi karbon di udara, melainkan menjaga persediaan air di dalam tanah. Keberadaan pohon ini bisa membuat persediaan air tersedia sepanjang tahun, termasuk di musim kemarau.

Baca Juga:  Asparagus densiflorus, Tanaman Hias Ekor Tupai yang Banyak Digemari

Habitat burung-burung

Saat ini populasi burung-burung liar semakin berkurang akibat sering diburu dan habitat alaminya dirusak. Dengan menanam pohon manggis, Anda bisa menyediakan tempat tinggal yang baik bagi burung.