Manfaat Mengejutkan dari Jeruk Purut


Pertanianku — Jeruk purut (kaffir lime) adalah nama umum Citrus hystrix, yaitu buah tropis yang berasal dari berbagai penjuru Asia, termasuk Indonesia, Thailand, dan Filipina. Di balik kegunaannya sebagai bahan masakan, ternyata ada manfaat mengejutkan dari jeruk purut ini.

manfaat mengejutka dari jeruk purut
Shutterstock

Kandungan senyawa organik pada jeruk purut yang menguntungkan dapat memengaruhi sistem tubuh secara positif. Untuk itu, mari kita kenali lebih dekat tentang manfaat kesehatan jeruk purut.

  1. Meningkatkan kesehatan mulut

Penggunaan jeruk purut yang paling banyak adalah untuk perlindungan kesehatan mulut. Namun, bukan buahnya yang harus dimakan, melainkan kulit dan daunnya. Daunnya bisa langsung digosokkan ke gusi untuk menjaga kesehatan mulut dan menghilangkan bakteri berbahaya.

  1. Detoksifikasi darah

Perasan jeruk purut sering dicampur dalam berbagai decoctions bagi mereka yang menderita penyakit darah bawaan atau penyakit terkait darah kronis. Campuran senyawa volatil yang unik dikenal untuk menghilangkan patogen atau dalam darah. Selain itu, dapat membantu sistem hati dan sistem getah bening menyaring zat berbahaya dan memperbaiki kesehatan Anda secara keseluruhan.

  1. Mengobati masalah pencernaan

Ada sejumlah komponen yang ditemukan pada jeruk purut yang juga ditemukan pada serai dan ramuan terkait. Konstituen organik ini bersifat anti-inflamasi, tapi juga merangsang sistem pencernaan.

Jika Anda menderita sembelit atau gangguan pencernaan, ramuan jeruk purut dapat mengatasi gejala itu. Hal ini bisa membantu mencegah masalah gastrointestinal yang lebih serius di masa depan seperti kanker kolorektal, wasir, atau tukak gastrik.

  1. Perawatan kulit

Banya produk kosmetik yang menggunakan ektrak jeruk purut karena baunya yang sedap, begitu pula sifat anti-oksidannya. Sifat asam yang terdapat pada jeruk purut dapat membantu menetralisir radikal bebas.

Senyawa anti-oksidan ini dapat memperlambat perincian sel dan meminimalkan munculnya penuaan, bekas luka, dan jerawat. Jika Anda ingin kulit Anda terlihat sehat dan segar hingga tua, mungkin Anda harus mengonsumsi jus jeruk purut.

  1. Meningkatkan imunitas
Baca Juga:  5 Makanan yang Ampuh Sebagai Pembersih Usus Besar

Kualitas antibakteri dan anti-oksidan jeruk purut membuat mereka menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Aplikasi topikal tidak hanya mencegah infeksi dan bakteri menumpuk di kulit.

Bila dikonsumsi, jeruk purut dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit gastrointestinal dan merangsang sistem kekebalan tubuh melalui efek anti-oksidan yang dimilikinya.