Manfaat Mengejutkan Daun Kersen untuk Kesehatan


Pertanianku — Tanaman kersen tergolong tumbuhan liar yang dapat tumbuh tanpa ada perawatan dan biasanya ditemukan di pinggir-pinggir jalan atau sungai. Karena seringnya dianggap sebagai tanaman liar, banyak orang yang mencabuti pohon ini. Padahal, pohon kersen ini mengandung berbagai manfaat. Misalnya saja manfaat mengejutkan daun kersen yang bisa berguna untuk mengatasi berbagai penyakit.

manfaat mengejutkan daun kersen
Foto: Google Image

Apa saja manfaat daun kersen terutama untuk kesehatan? Berikut penjelasannya untuk Anda ketahui.

  1. Obat untuk mengatasi diabetes

Tak hanya buahnya, daun kersen juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi diabetes. Sejak zaman dahulu, daun kersen dikenal sebagai ramuan alami yang digunakan untuk mengatasi gula darah tinggi. Karena kandungan saponin dan flavonoidnya yang cukup tinggi, daun kersen mampu menyereksi hormon insulin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk metabolisme gula.

  1. Mencegah perkembangan tumor

Daun kersen dikenal sebagai daun yang memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu manfaat dari daun kersen adalah untuk mencegah pertumbuhan tumor. Daun kersen memiliki kandungan flavonoid, tannin, dan saponin. Selain itu, air rebusan daun kersen juga bisa menjadi antiseptik yang sangat bagus dan akan mencegah peradangan serta inflamasi.

  1. Pengontrol fungsi otot jantung

Manfaat lain dari daun kersen adalah dapat menjaga fungsi otot jantung. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian bahwasannya daun kersen dapat bekerja sangat aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.

  1. Antihipertensi

Daun kersen juga dapat digunakan sebagai obat antihipertensi. Caranya dengan membuat minuman dari serbuk daun kersen dan diminum dua kali sehari.

  1. Anti-inflamasi

Daun kersen juga dapat menurunkan gejala radang dan juga inflamasi.

  1. Sebagai Antiseptik

Daun kersen karena kandungan flavonoid, tannin, dan juga saponin ini dapat menjadi antiseptik yang membunuh mikroba dan berbagai bakteri.

  1. Mengatasi kolesterol yang tinggi
Baca Juga:  Atasi Kanker Serviks dengan Tanaman Herbal

Manfaat dari daun kersen yang lainnya adalah sebagai obat yang dapat mengatasi kolesterol yang tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun kersen dan diminum tiga kali setiap hari.