Manfaat Mengkudu Sudah Digunakan Sejak 100 Tahun SM


Pertanianku Manfaat mengkudu sangat terkenal dan banyak yang menggunakannya sebagai obat herbal. Mengkudu atau Morinda citrifolia banyak dijumpai di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Manfaat mengkudu
Foto: Google Image

Buah mengkudu merupakan salah satu tanaman obat yang paling banyak dicari dan diminati. Di Indonesia, mengkudu memiliki berbagai macam nama lokal seperti lengkudu, bangkudu, mangkudu, pamarai, cengkudu, pace, baja, noni, dan masih banyak nama lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian, hampir seluruh bagian tanaman mengkudu berguna untuk pengobatan dan kesehatan manusia.

Tidak hanya itu, Anda juga mungkin mengetahui bahwa akar dari pohon ini dapat dijadikan sebagai pewarna alami. Selain itu, buah mengkudu ini berfungsi sebagai antibakteri, antikanker, dan meningkatkan sistem imun.

Nah, ternyata, masyarakat sudah mengonsumsi buah ini sejak dulu. Bahkan, ada yang menyatakan bahwa pada 100 tahun Sebelum Masehi (SM), penduduk Asia Tenggara telah memanfaatkan tanaman mengkudu sebagai obat di negara Tiongkok.

Sementara di Kepulauan Hawai, mengkudu dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit.

Menurut Buletin Plasma Nuftah, terdapat sekitar 50 perusahaan pengolah buah mengkudu yang tersebar di dunia. Bahan baku tanaman mengkudu diolah supaya dapat dikonsumsi dengan mudah seperti jus dan sirup.

Selain itu, ada juga yang menjadikan mengkudu sebagai permen herbal, kopi mengkudu, selai mengkudu, dan teh celup dari mengkudu. Banyak sekali bukan olahan dari tanaman ini, apakah Anda berminat untuk mencobanya?

Baca Juga:  Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Memasak Ayam