Manfaat Mengonsumsi Daging dan Susu Kambing untuk Kesehatan

Pertanianku – Banyak orang yang menghindari makan daging kambing karena dirasa dapat menjadi pemicu hipertensi. Selain itu, daging kambing dihindari karena bau prengusnya. Namun, ternyata daging kambing mengandung lemak dan kalori yang lebih rendah ketimbang daging ternak lain.

Manfaat Mengonsumsi Daging dan Susu Kambing untuk Kesehatan

Daging kambing banyak mengandung nutrisi. Pada 100 g daging kambing, terdapat 154 kalori, 9,2 mg lemak, dan 3,6 mg lemak jenuh. Sementara itu, dalam 100 g daging sapi terdapat 207 kalori, 14 mg lemak, dan 51 mg lemak jenuh. Selain itu, daging kambing juga merupakan salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium terbaik. Fungsi dan manfaat vitamin B akan membantu tubuh membakar lemak, sedangkan kolin dan selenium mampu menangkal kanker.

Loading...

Untuk mereka yang memiliki penyakit darah rendah, biasanya dianjurkan 2 hari sekali untuk memakan sate kambing, terutama bagian hatinya beberapa tusuk untuk meningkatkan tekanan darah. Memang belum ada uji medis tentang hal tersebut. Namun, sudah ada banyak bukti bahwa memakan daging kambing bisa meningkatkan tekanan darah.

Selain daging, kambing juga menghasilkan susu yang bermanfaat untuk kesehatan. Susu kambing, terutama kambing jenis etawa, mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan susu hewan pemamah biak yang lain. Kandungan flourin dalam susu kambing kadarnya 10—100 kali lebih besar daripada susu sapi dan bersifat antibakteri, memiliki protein, lemak yang mudah dicerna, sodium (Na), fosfor (P), serta kandungan kalsium (Ca) yang tinggi.

Susu kambing sangat baik bagi penderita penyakit kulit, seperti eksim dan gatal-gatal. Selain itu, susu kambing juga bisa mengembalikan kesehatan seorang ibu yang baru melahirkan, juga menyembuhkan pendarahan sesudah melahirkan, memulihkan zat besi setelah haid, menyembuhkan penyakit kurang darah, menghambat kerapuhan tulang (osteoporosis), mengatasi penyakit TBC dan asma. Bahkan, susu kambing juga bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah, menyembuhkan asam urat tinggi serta kelainan ginjal yang disebut Nepbratic Syndrom.

Mengonsumsi empedu kambing juga bisa menyembuhkan penyakit malaria. Dalam beberapa buku pengobatan Cina, memang terdapat empedu untuk mengobati malaria, misalnya saja empedu ular. Akan tetapi, ternyata empedu kambing juga memiliki khasiat yang sama dengan empedu ular.

Baca Juga:  Parasit Domba yang Merugikan
Loading...
Loading...