Manfaat Mengonsumsi Ikan Gabus untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku— Ikan gabus atau Channa striata merupakan ikan air tawar yang cukup mudah ditemukan. Ternyata, gabus mengandung kadar protein yang cukup tinggi sekitar 25 persen dan kadar albumin 6,22 persen. Dengan rajin mengonsumsi ikan gabus, Anda bisa mempercepat proses penyembuhan luka, mencegah penyakit kanker, stroke, gagal ginjal, diabetes mellitus, dan mempercepat masa pemulihan setelah operasi.

ikan gabus
foto: Pertanianku

Komposisi gizi di dalam 100 gram ikan gabus adalah air sebanyak 79,6 gram, energi 80 kkal, protein 16,2 gram, lemak 0,5 gram, karbohidrat 2,6 gram, abu 1,1 gram, kalsium 170 mg, fosfor 139 mg, besi 0,1 mg, natrium 65 mg, kalium 254 mg, tembaga 0,30 mg, seng 0,4, retinol 335 mg, thiamin 0,40 mg, riboflavin 0,2 mg, dan niasin 0,1 mg.

Kalau Anda rajin mengonsumsi ikan gabus yang sehat dan bebas dari kontaminasi, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan seperti di bawah ini.

Saluran pecernaan yang sehat

Struktur daging ikan gabus terbilang empuk sehingga baik untuk sistem pencernaan. daging ikan bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan agar Anda dan keluarga tidak bosan mengonsumsinya, seperti kaki naga, nugget, amplang, siomay, abon, biskuit, gabus asap, gabus asin, kerupuk, sereal, dan lain-lain.

Mendukung pertumbuhan otot

Kadar protein yang tinggi di dalam gabus berguna untuk membantu proses pembentukan dan pertumbuhan otot di dalam tubuh.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Ikan air tawar berkhasiat mempercepat proses penyembuhan luka karena mengandung albumin.

Mengatasi permasalahan gizi buruk

Gizi buruk masih menjadi permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat menengah ke bawah di Indonesia. Permasalahan tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan ikan gabus karena kandungan nutrisi di dalam daging ikan ini terkenal lengkap. Ikan juga aman dikonsumsi oleh semua usia.

Baca Juga:  Resep Pecel Lele yang Super Lezat

Selain itu, ikan ini cukup mudah ditemui di perairan Indonesia. Banyak pembudidaya ikan gabus yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat bisa sangat mudah untuk mendapatkan ikan air tawar ini di pasar dengan harga yang terjangkau.