Manfaat Minyak Biji Aprikot untuk Mempercantik Rambut dan Kulit

Pertanianku — Minyak biji aprikot didapatkan dari hasil ekstraksi buah aprikot. Manfaat minyak biji aprikot cukup banyak terutama untuk perawatan kulit dan rambut. Berikut ini berbagai manfaat minyak biji aprikot agar rambut dan kulit Anda semakin cantik.

manfaat minyak biji aprikot
Foto: Shutterstock

1. Memelihara kulit

Minyak biji aprikot mengandung bahan seperti asam lemak esensial, asam linoleat, dan asam oleat. Minyak ini juga kaya akan vitamin E dan vitamin A. Semua bahan-bahan tersebut dapat menjadi pelembap kulit yang sangat baik. Kulit yang dirawat dengan minyak biji aprikot akan lentur dan halus.

2. Mengatasi iritasi kulit

Minyak biji aprikot mengandung asam linoleat dan asam oleat sehingga memiliki sifat antiradang. Jadi, minyak ini bermanfaat untuk kulit yang cenderung berjerawat dan sensitif. Untuk mengobati jerawat, buat campuran minyak aprikot, minyak lavender, dan minyak pohon teh. Oleskan campuran minyak ini ke daerah yang terkena jerawat.

3. Sebagai minyak pembawa (carrier oil)

Minyak biji aprikot merupakan minyak pijat yang sangat baik. Minyak ini memiliki sifat minyak pembawa, yaitu membantu menyebarkan minyak atau campuran lain secara merata pada kulit. Minyak pembawa juga mudah diserap kulit sehingga sering digunakan dalam aromaterapi.

4. Menyehatkan rambut

Minyak biji aprikot membantu membuat rambut lembut dan mengkilap dengan melembapkan dan memelihara akar rambut.

Cara menggunakan minyak biji aprikot

Berikut ini cara menggunakan minyak biji aprikot untuk perawatan rambut dan kulit.

Untuk rambut

Panaskan minyak biji aprikot, namun jangan terlalu panas karena akan membakar kulit kepala Anda. Ambil sejumlah kecil minyak biji aprikot di telapak tangan, kemudian ratakan untuk memijat rambut dan kulit kepala.

Lakukan pijatan selama sekitar sepuluh menit. Biarkan minyak pada rambut semalaman dan cuci dengan sampo di pagi hari. Cara lain, campurkan beberapa tetes minyak biji aprikot ke dalam kondisioner dan gunakan setelah keramas.

Baca Juga:  Racun Laba-laba Mematikan Penyelamat Nyawa Penderita Stroke

Untuk kulit

Untuk melembapkan kulit, ambil sedikit minyak biji aprikot di telapak tangan dan oleskan pada wajah. Jika ingin menggunakannya sebagai minyak pijat, Anda dapat menambahkan bahan lain seperti minyak almond dan minyak zaitun untuk kemudian digunakan memijat wajah. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak biji aprikot (apricot kernel oil) pada air mandi untuk membuat kulit lebih mulus.

Loading...