Manfaat Minyak Mawar untuk Aromaterapi

Pertanianku Minyak mawar merupakan produk yang berbentuk minyak atsiri dan dihasilkan dari kuntum bunga yang cantik nan harum. Seperti yang diketahui bahwa minyak atsiri memiliki banyak manfaat yang berguna untuk tubuh. Salah satunya adalah mampu masuk dan membawa nutrisi secara merata ke seluruh dinding dan inti sel.

minyak mawar
foto: pertanianku

Aroma minyak atsiri berkhasiat untuk merawat kebugaran, menimbulkan efek relaksasi, menghilangkan ketegangan hinga stres, dan berefek afrodisiak. Minyak mawar sudah ada sejak zaman mesir kuno dan dikenal dengan nama queen of oil. Minyak ini bersifat afrodisiak yang mampu mempertahankan frekuensi setiap sel sehingga mampu menjaga keharmonisan dan keseimbangan tubuh.

Manfaat minyak mawar untuk aromaterapi sangat banyak, misalnya saja membantu penyakit kulit, kulit keriput, merangsang daya pikir serta menciptakan perasaan yang lebih baik. Minyak ini terdiri atas phenyl ethyl alkohol 66,7 persen, citronello 7,25 persen, geraniol, methyl eugenol dan ß-pinena kurang dari 5 persen.

Loading...

Khasiat minyak ini sudah terbukti dan tak usah diragukan lagi. Anda bisa menggunakan minyak ini dengan beragam cara agar khasiat minyak masuk dan meresap ke tubuh. Berikut ini ulasannya.

Dicampur di dalam air panas

Gunakan 2—4 tetes minyak bunga mawar ke dalam wadah berisi air panas. Tutup bagian kepala dan wadah dengan handuk. Biarkan beberapa saat agar uap air panas yang mengandung minyak terangkat dan terhirup ke dalam hidung.

Pewangi ruangan

Campurkan 304 tetes minyak dengan 30 cc air aquades dalam botol semprot. Kocok campuran tersebut agar tercampur dengan merata dan larutan sudah siap digunakan sebagai pewangi ruangan. Anda bisa menggunakan cara lain dengan meneteskan minyak ke dalam wadah berisi air dan diletakkan di atas pemanas. Minyak akan menguap membawa aroma yang akan tersebar ke seluruh ruangan. Biarkan aroma tersebut memenuhi seluruh ruangan selama 1 jam.

Baca Juga:  Jenis Pupuk yang Bagus untuk Pohon Kopi

Untuk relaksasi

Campurkan 1—2 tetes minyak dengan air yang akan digunakan untuk berendam. Pada saat air keran hangat masih mengalirkan/mengucurkan airnya, minyak jangan diteteskan karena minyak dapat cepat menguap.

Untuk pijat

Campurkan minyak mawar dengan campuran minyak pijat sebanyak 1—2 tetes. Jangan gunakan minyak atsiri yang masih murni karena bisa menimbulkan iritasi.

 

Loading...
Loading...