Manfaat Minyak Serai Wangi

Pertanianku — Serai wangi sering diolah menjadi minyak yang memiliki banyak manfaat, mulai dari bahan baku parfum, antiseptik, kosmetik, obat-obatan, perisa makanan atau minuman, pengusir serangga, hingga pencampur rokok kretek. Manfaat minyak serai wangi lainnya ialah sebagai bahan analgesik, haemolitik atau antizymatik, serta sedavita dan stimulan untuk obat sakit perut.

manfaat minyak serai wangi
foto: http://ditjenbun.pertanian.go.id/

Minyak serai wangi juga sering dimanfaatkan untuk aneka jenis aerosol dan pembersih lantai, detergen, serta pewangi sabun. Berikut ini beberapa manfaat minyak serai wangi lainnya dilansir dari penelitian Anny Sulaswatty dan Indri Badria Adilina.

Aromaterapi

Kehangatan yang ditimbulkan dari minyak serai wangi dapat bermanfaat sebagai aromaterapi. Aroma serai wangi masih kurang dilirik dalam dunia aromaterapi karena serai wangi lebih sering diperuntukkan sebagai pengusir serangga.

Aroma yang ditimbulkan dari serai wangi dapat mengurangi nyeri otot dan sendi. Aroma tersebut juga mampu meringankan kelelahan saraf, migrain, dan sakit kepala. Sifat aromatik minyak serai wangi sangat kuat sehingga mampu melancarkan pernapasan, terutama pada kasus sinusitis.

Minyak pijat

Minyak serai wangi dapat digunakan sebagai minyak pijat karena bersifat menenangkan dan antispasmodik sehingga dianggap ideal untuk digunakan pijat. Minyak ini juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Anda hanya perlu menggunakan 3—5 tetes minyak serai dan campur dengan 100 ml minyak carrier.

Pengharum ruangan

Minyak serai wangi dapat berfungsi sebagai pengharum ruangan yang multifungsi, yakni mengusir bau dan serangga.

Pengusir serangga

Minyak serai wangi sudah terkenal sebagai pengusir serangga yang ampuh. Jenis serangga yang bisa diusir di antaranya nyamuk, lalat hitam, dan kutu. Minyak serai berguna sebagai pengusir serangga secara alami yang tidak menimbulkan efek samping seperti pengusir serangga berbahan kimia. Oleh karena itu, minyak ini bisa diaplikasikan pada manusia dan pakaian.

Baca Juga:  Pengendalian Terpadu Penyakit Kerdil Tanaman Lada

Produk kosmetik

Minyak serai wangi adalah zat pencuci dan jika dimanfaatkan dengan benar dapat membantu membersihkan kulit berminyak. Oleh karena itu, minyak ini sering digunakan pada beberapa produk kosmetik. Manfaat lain dari minyak serai wangi pada produk kosmetik adalah menghilangkan gatal pada kulit, mencegah dan mengobati jerawat, mencegah dan menghilangkan flek atau bekas jerawat, mencerahkan kulit, menyembuhkan pecah-pecah di kaki, menghilangkan bau badan, serta menghilangkan ketombe.