Manfaat Minyak Serai Wangi

Pertanianku — Penggunaan minyak serai wangi terbilang cukup luas, antara lain untuk industri makanan, kosmetik, obat-obatan, dan bahan baku parfum. Tak heran, permintaan minyak serai wangi terbilang cukup tinggi. Berikut ini beberapa industri yang membutuhkan minyak serai wangi.

minyak serai wangi
foto: pixabay

Aromaterapi

Minyak serai mengeluarkan aroma segar dan bisa dimanfaatkan sebagai aromaterapi. Namun, sayangnya manfaat serai wangi dalam bidang aromaterapi masih relatif jarang karena tanaman ini lebih sering digunakan sebagai pengusir serangga.

Minyak serai yang diencerkan dengan baik menimbulkan sensasi hangat pada kulit. Sensasi hangat tersebut dapat mengurangi rasa nyeri pada otot dan sendi. Aroma yang dikeluarkan oleh serai wangi dapat meringankan saraf yang lelah, migrain, dan sakit kepala.

Minyak pijat

Minyak yang dihasilkan dari tanaman tersebut memiliki sifat menenangkan dan antispasmodic sehingga minyak berguna sebagai minyak pijat. Anda hanya perlu mencampur 3—5 tetes minyak serai ke dalam 100 ml minyak carrier untuk digunakan sebagai minyak pijat. Minyak tersebut juga berkhasiat membuat tidur lebih nyenyak.

Pengusir serangga

Minyak serai wangi memang sudah terkenal sebagai pengusir serangga, seperti nyamuk, lalat hitam, dan kutu. Minyak ini dapat menjadi alternative nontoxic alami yang dapat mencegah kehadiran serangga. Hal tersebut karena aroma serai wangi yang terlalu kuat dan tidak disukai oleh serangga. Cukup campurkan 10—20 tetes minyak serai dengan 200 ml air dan semprotkan ke kulit untuk mengusir serangga.

Produk kosmetik

Minyak serai juga berguna membersihkan kulit berminyak sehingga dapat dimanfaatkan untuk membuat sabun atau losion. Pada produk kosmetik, minyak serai berkhasiat menghilangkan gatal-gatal, mengatasi masalah jerawat, menghilangkan flek atau bekas jerawat, mencerahkan kulit, menghilangkan bau badan, dan menghilangkan ketombe.

Baca Juga:  Es Serut Mentimun Selasih, Menu Buka Puasa yang Menyegarkan nan Menyehatkan

Parfum

Minyak serai sering digunakan untuk bahan dasar parfum karena mengandung sitronelal dan geraniol yang berfungsi sebagai parfume building blocks.

Pengharum ruangan

Minyak serai mampu mengusir bau pada ruangan dan menggantikannya dengan aroma serai wangi yang menenangkan. Selain itu, berfungsi sebagai pengusir serangga yang ampuh.


loading...