Manfaat Nanas Muda untuk Kesehatan

Pertanianku — Buah nanas bisa dimakan langsung sebagai buah potong, atau bisa juga diolah menjadi selai, sirup, manisan, dan berbagai olahan lainnya. Namun, tahukah Anda? Manfaat nanas muda ternyata sangat baik untuk kesehatan. Kandungan dalam buah nanas sangatlah kaya, di antaranya vitamin C, vitamin A, dan mineral penting. Selain itu, nanas mengandung zat anti-inflamasi, antikanker, dan zat aktif lainnya.

Manfaat nanas muda
Foto: Pixabay
  1. Membuat tulang kuat

Kandungan mineral penting dalam buah nanas muda sangat membantu membentuk struktur tulang yang padat sehingga tulang menjadi lebih kuat dan terhindar dari masalah pengeroposan.

  1. Mengatasi cacingan

Cacingan pada anak biasa diatasi dengan obat cacing, meski begitu kandungan dalam obat cacing belum tentu bisa dicerna oleh perut anak-anak. Bagaimana cara mengatasinya? Tenang saja, karena nanas muda bisa membantu mengatasi cacingan pada anak dengan cara alami, aman, dan cepat. Nanas lebih mudah dicerna dan masalah cacingan akan cepat teratasi.

Loading...
  1. Mengobati asam urat

Buah nanas mengandung enzim bromealin dan kalium sehingga ampuh meredakan rasa nyeri akibat asam urat. Tapi ingat! Yang dikonsumsi adalah nanas muda, bukan nanas tua karena yang matang justru menaikkan kadar asam urat.

  1. Mengobati penyakit kulit

Kandungan nutrisi yang bersifat anti-inflamasi dalam buah nanas sangat ampuh mengatasi berbagai jenis penyakit kulit, dari mulai gatal, iritasi kulit, bisul, radang kulit, dan sebagainya. Caranya, dengan mengoleskan parutan nanas muda secara merata pada kulit.

  1. Mengatasi gangguan lambung

Lambung Anda sering bermasalah? Manfaatkan buah nanas untuk mengatasinya. Sebab, kandungan dalam buah nanas sangat mudah dicerna sehingga mampu membantu mengatasi gangguan lambung yang Anda alami. Caranya, buat jus nanas muda, konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal.

  1. Mengatasi batuk dan flu
Baca Juga:  Pepaya Carmida Bagus untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Tiap Hari

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah nanas membantu menguatkan sistem imun tubuh dalam memerangi virus pemicu batuk dan flu dalam tubuh. Selain itu, kandungan enzim bromealin juga berkhasiat mengencerkan dahak sehingga mengurangi derita batuk.

  1. Melancarkan pencernaan

Sering mengalami masalah susah BAB atau sembelit? Tenang saja, Anda bisa memanfaatkan buah nanas. Kandungan serat dan mineral penting dalam buah nanas sangat ampuh membantu melancarkan pencernaan.

Loading...
Loading...