Manfaat Okra Untuk Kulit


Pertanianku — Banyak dari kita mungkin belum mendengar nama sayur okra sebelumnya. Sayuran okra kaya akan nutrisi selayaknya sayuran hijau lainnya. Pasalnya, sayur okra rendah kalori namun mengandung serat dalam jumlah tinggi, vitamin dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit. Manfaat okra untuk kulit ini sudah dipercaya banyak orang.

manfaat okra untuk kulit
Foto: Google Image

Okra termasuk genus hibiscus dari keluarga malvaceae (kapas-kapasan). Okra banyak dibudidayakan di daerah yang memiliki iklim tropis dan hangat. Tanaman ini sendiri berasal dari Benua Afrika. Berikut beberapa manfaat okra untuk kulit yang perlu Anda ketahui.

  1. Okra membuat kulit sehat

Okra adalah sumber yang kaya serat makanan. Artinya, sayuran dengan bentuk memanjang ini bisa mengatasi masalah pencernaan dengan baik. Proses pencernaan yang lancar tercerminkan melalui kulit yang sehat.

  1. Vitamin C okra untuk kulit

Vitamin C ditemukan pada okra dan diketahui dapat membantu mempertahankan kulit sehat dan cerah milik Anda. Vitamin C okra juga berguna dalam memperbaiki jaringan tubuh sehingga membantu menjaga kulit tampak awet muda dan membuatnya terlihat lebih cerah.

  1. Okra dapat mencegah pigmentasi kulit

Nutrisi yang terdapat di dalam okra mampu membantu mencegah pigmentasi pada kulit Anda. Okra juga berguna untuk meremajakan kulit dan memperbaiki kerusakan. Pigmentasi adalah kondisi ketika terjadi perubahan warna kulit menjadi kecokelatan. Pigmentasi ada beberapa macam seperti melasma, flek, age spot/lentigo, nevus hori, dan lain-lain.

  1. Sumber antioksidan yang baik

Jika Anda rajin mengonsumsi makanan yang kaya anti-oksidan, maka hal itu akan membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini. Okra mengandung sejumlah besar anti-oksidan seperti quercetin, catechin, epicatechin, procyanidin dan rutin. Jadi, manfaat okra tidak hanya mencegah dan mengobati diabetes, tapi juga sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga:  Kitolod, Obat Tetes Mata dari Alam
loading...
loading...