Manfaat paprika untuk Kesehatan

Pertanianku – Paprika merupakan salah satu tanaman yang masuk ke dalam keluarga dari cabai yang memang terkenal memiliki rasa yang pedas yang kuat. Namun. Paprika ternyata juga memiliki kandungan yang hampir sama dengan cabai.

Manfaat paprika untuk Kesehatan

 

Jika Anda ingin merasakan citarasa sensasi pedas, namun Anda tidak menyukai makanan pedas, Anda cukup menambahkan paprika ke dalam masakan. Paprika memiliki beberapa warna yang membuatnya lebih variatif dan menarik, seperti merah, kuning dan hijau. Manfaat paprika bukan hanya menjadi bahan makanan saja, namun juga memiliki beragam manfaat yang sangat baik jika di konsumsi. Berikut beberapa manfaat paprika yang harus Anda ketahui.

  1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Jika Anda ingin mendapatkan kulit dan rambut yang sehat dan cantik, maka paprika dapat membantu mencapai tujuan Anda. Ini karena paprika memiliki banyak kandungan antioksidan dan vitamin yang sangat lengkap untuk menjaga kekuatan akar rambut, dan menjaga elastisitas kulit.

Paprika juga sangat baik mencegah penuaan dini dan menjaga kulit tetap awet muda dan bebas jerawat karena sifatnya yang antibakteri. Jika Anda tidak memiliki kulit wajah sensitif, dan bisa memakai masker paprika.

  1. Menjaga kesehatan mata

Paprika memiliki banyak vitamin A atau beta karoten, khususnya untuk yang berwarna kuning dan merah, maka paprika juga sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Paprika bahkan mengandung empat karotenoid cryptoxanthin yaitu beta-, beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin yang dapat mencegah degenerasi makula, katarak dan berbagai penyakit mata lainnya.

  1. Melancarkan pencernaan

Paprika kaya serat yang dapat menetralisir asam lambung sehingga bisa melancarkan pencernaan. Bahkan paprika juga memiliki sifat antibakteri yang bisa mencegah keracunan dan infeksi bakteri di dalam sistem pencernaan seperti menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella dan E.coli.

  1. Mencegah scurvy

Mengonsumsi paprika dapat mencegah pembengkakan dan pendarahan pada gigi dan gusi atau sering disebut scurvy, tulang bengkak, sakit kuning, diare, dan depresi. Ini karena paprika mengandung vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan yang menyembuhkan berbagai penyakit.

  1. Mencegah anemia
Baca Juga:  Asuransi Usaha Tani Padi, Solusi untuk Meminimalkan Kerugian Gagal Panen

Paprika kaya mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, maka paprika juga sekaligus sangat baik dalam mencegah dan menyembuhkan anemia. Vitamin C dan magnesium yang terdapat pada paprika dapat membantu memperkuat sistem imun dan merangsang produksi trombosit.

Paprika memiliki kandungan nutrisi yang lengkap termasuk vitamin, mineral dan antioksidan seperti vitamin A, C, E, K, dan B kompleks. Mineral seperti kalsium, zinc, magnesium, fosfor, kalium dan zat besi serta sejumlah kecil serat, gula alami atau karbohidrat, protein, energi dan lemak sehat.


loading...