Manfaat Pare Belut untuk Atasi Berbagai Penyakit


Pertanianku — Di beberapa daerah di Indonesia, pare belut atau disebut krai merupakan jenis sayuran yang mudah ditemui. Sayuran murah meriah ini ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap.

pare belut
Foto: Shutterstock

Apa saja manfaat krai bagi kesehatan manusia? Berikut ini nilai gizi yang terkandung di dalamnya, seperti dilansir Boldsky.

  1. Meringankan dampak diabetes

Pare belut sangat bagus untuk penderita diabetes tipe 2 karena rendah kalori dan baik untuk pencernaan. Konsumsi sayuran ini bisa membantu penderita diabetes dalam mengontrol berat badan. Seperti diketahui bersama, berat badan berlebih bisa mendatangkan masalah kesehatan yang lebih serius bagi para penderita kencing manis.

  1. Mengobati demam berdarah & demam malaria

Dalam pengobatan herbal, pare belut dikenal ampuh untuk menurunkan demam tinggi. Menambahkan sedikit madu pada rebusan krai dipercaya bisa menurunkan demam tinggi. Krai yang dicampur dengan jus daun ketumbar juga efektif menurunkan demam tinggi. Juga cocok untuk diberikan kepada pasien malaria. Jika dikonsumsi saat demam, ramuan krai akan merangsang muntah.

  1. Mengobati penyakit kuning

Orang yang menderita penyakit kuning harus makan makanan yang ringan dan mudah dicerna. Mengonsumsi daun krai yang dicampur dengan daun ketumbar terbukti sangat efektif dalam mengobati penyakit kuning. Minum obat rumahan ini tiga kali sehari dapat membantu mengurangi tingkat bilirubin dan mengobati penyakit kuning.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Ekstrak krai diketahui dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan kesehatan jantung seperti palpitasi. Krai akan menurunkan tekanan darah dengan mengendurkan sistem saraf. Konsumsi ekstrak krai dapat membantu mengurangi stres dan rasa sakit yang terkait dengan jantung. Menurut pakar kesehatan, mengonsumsi setidaknya 2 cangkir ekstrak krai per hari akan membantu menyingkirkan masalah terkait jantung.

  1. Mengatasi sembelit
Baca Juga:  Pupuk Organik Ini Bisa Bantu Produksi Sawi Lebih Optimal

Sembelit disebabkan kurangnya asupan air dan serat setiap hari. Kurang berolahraga juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang satu ini. Konstipasi juga bisa menjadi gejala kondisi gangguan kesehatan yang lebih serius seperti penyakit Parkinson, diabetes, sindrom iritasi usus.

Krai dapat membantu mengatasi sembelit. Konsumsi 1—2 sendok jus krai setiap pagi akan membantu memperbaiki gerak usus Anda. Sayuran ini juga berfungsi membantu mencuci perut dengan bertindak seperti pencahar ringan.