Manfaat Penjarangan untuk Tanaman Jabon

Pertanianku — Selama masa pemeliharaan tanaman jabon, Anda perlu melakukan penjarangan. Penjarangan tanaman jabon adalah kegiatan untuk mengurangi jumlah pohon per hektarenya. Pengurangan ini bertujuan memberikan ruang tumbuh yang lebih luas bagi pohon yang dipertahankan.

tanaman jabon
foto: pertanianku

Pengurangan dilakukan pada tanaman yang terserang hama dan penyakit. Selain itu, tanaman dengan morfologi yang buruk dan pohon yang tertekan juga perlu dikurangi. Hasil akhir dari penjarangan adalah tanaman atau pohon dengan produktivitas yang tinggi.

Pohon yang tetap dipertahankan atau tidak dikurangi adalah pohon berbatang lurus, sehat, dan berukuran besar. Dengan demikian, diharapkan pada akhir daur atau pada masa tebang, petani bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Rotasi penjarangan sangat bergantung pada kualitas tanah. Penjarangan pertama dilakukan saat tanaman berumur tiga tahun setelah penanaman. Pada umur tersebut, tanaman jabon diharapkan sudah tumbuh dengan diameter minimal 25 cm sehingga kayu hasil tebang penjarangan telah bernilai ekonomi. Selanjutnya, rotasi penjarangan berikutnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Di Filipina, penjarangan tanaman jabon dilakukan sejak tanaman berumur 5 tahun. Hasil penjarangan tersebut digunakan untuk bahan pulp. Sementara itu, bahan yang digunakan untuk menghasilkan kayu gergajian atau pertukangan didapatkan dari penjarangan saat tanaman berumur tujuh tahun.

Penjarangan tanaman jabon perlu dilakukan untuk penanaman dengan jarak tanam awal 3 m × 1 m, 3 m × 2 m, dan 3 m × 3 m. Penjarangan tersebut dapat memberikan pertumbuhan yang optimal pada pohon-pohon dengan morfologi yang bagus.

Ada dua metode penjarangan yang kerap dilakukan pada hutan rakyat. Pertama, penjarangan untuk menghilangkan pohon-pohon dengan pertumbuhan yang kurang baik, terserang hama dan penyakit, serta untuk mengatur jarak tanam ulang. Kedua, penjarangan dikenal dengan delih atau deneng agar diperoleh pendapatan awal.

Baca Juga:  Keunggulan Mangga Lalijiwo yang Bikin Lupa Diri

Penjarangan tanaman jabon perlu segera dilakukan saat daun tanaman sudah saling bersentuhan terlalu dalam. Penjarangan yang ditunda dapat menyebabkan pertumbuhan diameter pohon jabon terhambat. Anda tidak bisa memaksakan semua tanaman tumbuh jika tajuk sudah saling bersentuhan karena hal tersebut hanya akan menghambat pertumbuhan jabon.