Manfaat Pisang sebagai Obat Herbal

Pertanianku — Buah pisang sudah sangat terkenal di Indonesia. Hampir di seluruh daerah pohon buah ini sangat mudah dijumpai, bahkan tanaman pisang bisa dijumpai di tanah-tanah kosong yang terbengkalai tak terurus. Pisang tidak hanya berguna menjaga tubuh dari serangan penyakit. Namun, ternyata manfaat pisang juga bisa untuk mengobati beberapa penyakit.

manfaat pisang
foto: pixabay

Masyarakat Indonesia sudah sangat kenal dengan pisang serta pohon buahnya. Hampir semua bagian pisang bisa digunakan. Mulai dari daun, batang/gedebog, buah, hingga jantung pisang yang tumbuh di ujung tandan pisang.

Bagian yang bisa dimanfaaatkan untuk obat herbal adalah buah, batang, dan daun. Kandungan yang terdapat di dalam pisang adalah mineral, vitamin A, B1, dan C, karbohidrat, serat, lemak, dan protein.

Loading...

Pilihlah pisang yang masih mulus tidak memiliki corak berwarna hitam sebagai obat herbal. Pilihlah pisang yang masih bagus dan tidak memiliki penyakit. Pisang mengandung tiramin yang bisa memberikan efek vasokonstriksi vaskuler secara langsung sehingga menyebabkan aliran darah semakin mengecil. Oleh karena itu, untuk Anda yang menderita migrain, stroke, dan sakit jantung sebaiknya membatasi jumlah pisang yang dikonsumsi.

Penyakit yang bisa disembuhkan oleh manfaat buah pisang adalah sakit kuning, ambeien, sakit perut, anemia, diabetes, luka bakar, dan kecantikan kulit. Buah pisang tersebut bisa diolah terlebih dahulu menjadi ramuan herbal agar mudah mendapatkan manfaatnya.

Mengatasi ambeien dan cacar air

Parut pisang klutuk hingga keluar airnya. Campurkan dengan adas pulasari dan gula merah, lalu aduk hingga merata. Minum ramuan sebanyak dua kali sehari untuk mengatasi ambeien dan cacar air.

Sakit kuning

Untuk mengatasi sakit kuning, konsumsi buah pisang emas secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Juga:  Ciri-ciri Mangga Chokanan Siap Panen

Mengobati kulit terbakar

Bakar daun pisang dan kumpulkan abu pisang. Campurkan abu daun pisang dengan minyak kelapa pada bagian kulit yang terbakar untuk mendinginkannya.

Merawat kulit wajah

Hancurkan daging buah pisang menjadi bubur pisang, lalu campurkan dengan sedikit madu dan susu. Oleskan campuran tersebut pada wajah secara teratur selama 30—40 menit. Basuh dengan air hangat dan bilas dengan air dingin atau es. Ulangi perawatan ini selama 15 hari berturut-turut.

Loading...
Loading...