Manfaat Pohon Jabon yang Jarang Diketahui

Pertanianku — Di Indonesia, pemanfaatan pohon jabon masih sebatas hanya memanfaatkan bagian kayunya. Kayu jabon memang memiliki banyak manfaat sehingga tidak heran kayu pohon ini sangat terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Namun, selain kayunya, ternyata manfaat pohon jabon masih banyak banget yang belum diketahui oleh masyarakat.

manfaat pohon jabon
foto: pertanianku

Di India, bagian tanaman jabon seperti bunga, buah, daun, kulit kayu, dan akarnya sudah dimanfaatkan secara komersil. Daun jabon sering digunakan sebagai obat pelangsing dan obat kumur.

Bagian daunnya diekstrak karena dipercaya mengandung beberapa senyawa kimia yang bersifat antimikroba. Daun jabon juga bisa digunakan untuk tempat alas makanan (pengganti piring). Sementara itu, daun mudanya bisa digunakan sebagai pakan ternak. Di alam bebas, daun jabon memang digunakan sebagai pakan oleh rusa dan banteng.

Loading...

Daun jabon tentu saja bisa dijadikan pakan alternatif yang bisa membantu peternak untuk mengefisiensikan biaya pakan. Khususnya, pada musim kemarau yang menyebabkan hijauan seperti rumput mengering.

Bunga dan buah jabon bisa dikonsumsi sebagai bahan obat-obatan herbal. Bunga jabon sering diekstrak untuk dijadikan bahan baku parfum khas India yang disebut ‘attar’. Selain itu, bunga jabon biasanya dikembangkan untuk mendukung usaha lebah madu karena lebah menyukai bunga jabon.

Getah kulit akar jabon yang berwarna kuning sering digunakan sebagai bahan pewarna alami yang bisa digunakan untuk mewarnai kerajinan tangan.

Bagian kulit kayu tanaman jabon bisa digunakan untuk obat herbal yang bisa mengatasi demam dan sebagai obat kuat. Jika kulit kayu jabon digabung dengan kulit batang mangga dan tanaman Shorea robusta (sejenis meranti), akan menghasilkan ramuan obat yang bisa mengobati kolera dan stroke. Sementara itu, kulit batang yang diseduh bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit disentri.

Baca Juga:  Anggrek Phalaenopsis, Tanaman Hias Unggulan Eksotik Indonesia

Ada banyak manfaat pohon jabon yang masih jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia. Padahal, pohon jabon berkembang pesat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Jika manfaat tanaman ini dikembangkan lebih optimal, bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Selain keuntungan yang bisa dirasakan oleh manusia, pohon jabon ternyata juga sangat bermanfaat untuk lingkungan. Penanam jabon bisa berguna untuk mengatur tata air dan menahan erosi tanah.

Loading...
Loading...