Manfaat Probiotik untuk Ikan

Pertanianku — Hasil panen yang melimpah merupakan harapan yang diinginkan oleh pembudidaya ikan. Namun, sayangnya ikan yang dibudidaya juga bisa berpotensi diserang penyakit yang dapat menurunkan tingkat produktivitas atau bahkan menyebabkan ikan mati. Untuk mencegah terjadinya kemungkinan buruk yang tidak diinginkan, pembudidaya bisa menggunakan manfaat probiotik.

manfaat probiotik
foto: Pertanianku

Probiotik sudah ada sejak lama di dunia perikanan Indonesia, apalagi ketika sudah mulai banyak negara yang melarang penggunaan antibiotik untuk produk perikanan. Untuk bersaing di pasar ekspor, pembudidaya perikanan di Indonesia mulai mengganti antibiotik dengan probiotik yang lebih ramah lingkungan.

Probiotik ini bisa berfungsi untuk mencegah penyakit serta membuat tingkat produktivitas ikan menjadi lebih meningkat. Pentingnya fungsi probiotik membuat banyak peneliti melakukan penelitian untuk menciptakan produk baru yang lebih bagus untuk digunakan dalam industri perikanan.

Karena sudah sejak lama hadir di Indonesia, sebenarnya sudah banyak petani yang mengetahui manfaat dari probiotik itu sendiri. Namun, sayangnya masih sedikit petani yang memahami cara kerja dari probiotik sehingga penggunaannya masih belum efektif.

Probiotik mengandung bakteri baik yang dapat membantu untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat di dalam sistem pencernaan ikan.

Probiotik juga dapat menghasilkan enzim yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan sehingga nutrisi yang masuk ke tubuh ikan bisa terserap lebih sempurna.

Pembudidaya bisa memberikan probiotik dengan mencampurkannya bersama pakan ikan. Cara ini merupakan cara yang paling bagus karena probiotik bisa langsung masuk ke tubuh ikan. Probiotik bisa diberikan sebanyak dua kali dalam satu minggu agar dapat memberikan efek yang optimal.

Untuk mengatasi penyakit ikan, probiotik bisa diberikan melalui pakan, air, atau dilakukan keduanya. Pasalnya, bisa jadi sudah ada bakteri yang masuk ke pencernaan ikan dan di air kolam. Probiotik bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Baca Juga:  Jenis-jenis Teknologi Budidaya Bandeng

Probiotik yang diberikan langsung ke dalam air dapat berfungsi untuk menyingkirkan bakteri jahat yang dapat merusak kualitas air kolam dan menyebabkan ikan sakit. Selain itu, probiotik tersebut juga bekerja untuk menurunkan kadar zat yang berbahaya bagi ikan seperti nitrat dan nitrit serta menstabilkan kadar oksigen terlarut di dalam air.

Manfaat probiotik bukan saja untuk pembesaran ikan. Manfaat tersebut juga bisa digunakan untuk memelihara larva ikan sehingga tingkat keberlangsungan hidupnya tinggi.


loading...