Manfaat Propolis untuk Memperkuat dan Mempercepat Regenerasi Sel

PertaniankuManfaat propolis sudah terbukti sejak zaman dahulu dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Propolis menjadi salah satu solusi yang aman dan tidak mengandung risiko untuk mengatasi beberapa penyakit tertentu. Manfaat propolis yang pasti semua orang sudah tahu adalah memperkuat dan mempercepat regenerasi sel. Berikut ini deretan khasiat propolis untuk meregenerasi sel dalam tubuh.

manfaat propolis
foto: pertanianku

Arteriosklerosis

Propolis mampu mengobati penyakit yang dikarenakan oleh penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh lemak. Penumpukan kolesterol jahat yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit ini. Salah satu penyebab kolesterol tinggi adalah pola makan yang tidak benar, terlalu banyak mengonsumsi daging, santan, dan gorengan. Terlebih, saat konsumsi pola makan tidak sehat tidak diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah.

Loading...

Propolis dapat menggantikan buah dan sayur karena kandungan vitamin dan mineralnya lengkap sehingga dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Tumor

Propolis dapat digunakan untuk mengobati tumor karena berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat mencegah tumbuhnya senyawa radikal bebas. Radikal bebas yang tumbuh dan berkembang dalam tubuh dapat memicu tumbuhnya sel-sel tumor atau menimbulkan berbagai gejala penyakit akibat gangguan fisiologis sel tubuh.

Diabetes melitus

Propolis mampu meningkatkan sel-sel pankreas untuk menghasilkan insulin yang berfungsi mengatur kadar gula dalam darah.

Gangguan pencernaan

Beberapa bakteri yang dapat mengganggu pencernaan manusia sangat sensitif dengan kandungan propolis. Seperti bakteri H. pilori yang menyebabkan maag dan luka lambung, E. coli yang menyebabkan diare, dan Salmonella typhosa yang menyebabkan tifus.

Gangguan pernapasan

Propolis membantu sistem pertahanan tubuh untuk melawan berbagai penyakit saluran pernapasan kronis, salah satunya adalah TBC. Propolis juga berfungsi sebagai obat asma karena sistem kerjanya sebagai bronkodilator, menstabilkan mast sel, dan menekan pengeluaran histamin. Mast sel merupakan salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi menaikkan kekebalan tubuh.

Baca Juga:  Ramuan Jahe untuk Ayam Saat Udara Dingin

Radang sendi

Salah satu penyebab radang sendi adalah adanya racun dalam darah. Propolis yang bersifat sebagai anti-oksidan mampu menjadi penawar racun dan menstabilkan komposisi komponen darah.

Reumatik

Penyebab utama reumatik adalah kekurangan kalsium dalam tubuh sehingga tubuh mengambil kandungan kalsium dalam tulang. Tulang yang kekurangan kalsium akan terasa nyeri. Propolis mengandung unsur mineral yang lengkap sehingga mampu menstabilkan kekurangan kalsium dalam tubuh dan tulang.

 

 

Loading...
Loading...