Manfaat Pupuk Daun yang Harus Diketahui

Pertanianku — Terkadang ada beberapa petunjuk pemupukan yang merekomendasikan untuk memberikan pupuk daun pada tanaman. Pupuk ini biasanya diberikan saat tanaman masih dalam masa vegetatif.

pupuk daun
foto: pertanianku

Pupuk daun merupakan pupuk anorganik yang pemberiannya dilakukan melalui penyemprotan ke daun. Pupuk yang akan disemprotkan harus dilarutkan terlebih dahulu. Dosis yang digunakan harus sesuai dengan anjuran yang tertera di kemasan.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat jika Anda memberikan pupuk daun pada tanaman. Salah satu manfaat yang paling dibutuhkan adalah tanaman mampu menyerap hara lebih cepat. Akibatnya, tanaman dapat menumbuhkan tunas lebih cepat dan tanah tidak rusak. Pemupukan lewat daun dipandang lebih berhasil dibandingkan pemupukan lewat akar.

Loading...

Hal tersebut disebabkan oleh daun yang memiliki mulut dan disebut stomata. Stomata tersebut bisa menutup dan terbuka secara mekanis diatur oleh tekanan turgor dari sel-sel penutup. Jika tekanan turgor meningkat, stomata akan terbuka. Sebaliknya, jika tekanan turgor menurun, stomata akan tertutup.

Salah satu faktor yang menyebabkan tekanan turgor adalah banyaknya air yang terbuang melalui penguapan air yang berkaitan erat dengan matahari dan angin. Jika daun disemprot air, tekanan turgor akan meningkat sehingga stomata terbuka dan menyerap cairan yang disemprotkan. Jika cairan yang disemprotkan bukan air, melainkan larutan pupuk, tanaman akan menyerap air dan zat-zat yang ada di dalam pupuk tersebut. Itulah sebabnya mengapa unsur hara lebih mudah diserap melalui daun.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari pupuk ini adalah adanya kandungan unsur hara mikro. Tanaman yang kekurangan unsur hara mikro bisa diberikan pupuk daun.

Pemberian pupuk daun juga bisa memudahkan Anda mengatur dosis pupuk yang diberikan. Pada umumnya, tanaman hanya membutuhkan hara yang sedikit, tetapi harus dilakukan secara kontinu. Oleh karena itu, pupuk diberikan dalam dosis yang sedikit.

Baca Juga:  Petani Kulonprogo dan Majalengka Panen Bawang Bombai

Pupuk yang diberikan melalui tanah tidak semuanya bisa mencapai akar tanaman karena adanya beberapa kendala yang berasal dari sifat kimia pupuk atau sifat tanah. Sementara, pupuk yang diberikan melalui daun bisa terserap lebih optimal.

Loading...
Loading...