Manfaat Sagu yang Belum Banyak Orang Tahu

Pertanianku — Sagu merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Namun, jenis pangan ini kalah populer ketimbang beras, jagung, ketela, dan makanan sumber karbohidrat lainnya. Padahal, ada banyak manfaat sagu bagi kesehatan pengonsumsinya. Berikut ini beberapa manfaat sagu yang sebaiknya Anda tahu.

manfaat sagu
Foto: freepik

Menjaga suhu tubuh

Sagu dapat meredakan panas karena demam. Suhu udara yang tinggi dalam tubuh dapat diturunkan dengan mengonsumsi sagu. Sagu sendiri memiliki kemampuan mendinginkan dan menenangkan tubuh dengan cara mengendalikan kelebihan produksi empedu.

Loading...

Merawat tulang dan sendi

Walaupun merupakan sumber karbohidrat, sagu memiliki kandungan lain yang tidak kalah penting dibutuhkan oleh tubuh. Sagu mengandung kalsium, zat besi, dan ragam mineral lainnya yang membantu perbaikan tulang dan sendiri.

Sagu juga meningkatkan produksi glukosamin yang sangat memengaruhi kepadatan tulang serta fleksibilitas dan gerakan sendi. Semakin tinggi glukosamin, cairan sinovial yang ada di seluruh sendi dan tendon akan semakin tinggi.

Melancarkan pencernaan

Sagu digunakan oleh masyarakat yang mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Sumber karbohidrat ini dapat mengatasi kembung, sembelit, asam lambung, maag, dan gangguan lainnya.

Kemampuan ini diperoleh karena sagu memproduksi enzim pencernaan. Selain itu, pergerakan usus secara keseluruhan juga dapat dibantu oleh sagu sehingga usus tidak kering. Penderita gastroenteresis dan muntaber dapat mengonsumsi sagu untuk meredakannya.

Baik untuk penderita diabetes

Gula darah erat kaitannya dengan pangan sumber karbohidrat. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi sagu. Sagu dapat menghambat peningkatan gula darah dalam tubuh karena mengandung berbagai serat dan mineral berupa fosfor.

Kandungan pada sagu mampu menekan dan mengikat gula dalam tubuh. Dengan begitu, kadar gula darah dalam tubuh pun tidak langsung melonjak drastis ketika mengonsumsi pangan yang satu ini.

Baca Juga:  Atasi Nyeri Haid dengan Ramuan Kayu Manis Herbal

Cegah darah tinggi

Tahukah Anda bahwa dalam 100 gram tepung sagu terkandung sebanyak kurang lebih 5 miligram potasium? Potasium sangat baik bagi penderita darah tinggi. Potasium alias kalium ini berperan penting meningkatkan sirkulasi darah dan juga baik bagi sistem kardiovaskuler. Oleh karena itu, sagu sangat baik untuk mengatasi hipertensi.

Loading...
Loading...