Manfaat Sayuran Bagi Tubuh Manusia


Pertanianku – Tanaman sayuran berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Sayuran memiliki kadar air yang tinggi, nutrisi, pembentuk sifat basa, kaya akan vitamin dan mineral, rendah kalori, serta kaya akan serat. Dengan kandungannya tersebut, sayuran dipercaya memiliki berbagai khasiat yang baik bagi tubuh, di antaranya bisa mencegah maupun mengobati berbagai penyakit.

manfaat sayuran bagi tubuh manusia

Untuk mendapatkan khasiat dari sayuran, selain dapat dikonsumsi dalam bentuk segar/mentah, sayuran juga bisa direbus, dikukus, dimasak, atau dibuat jus. Pada proses perebusan, pengukusan, dan pemasakan harus memperhatikan kriteria dari masing-masing sayuran. Biasanya pengolahan sayuran jangan sampai terlalu matang atau lembek. Hal ini menyebabkan zat-zat berkhasiat yang dikandungnya akan hilang atau rusak. Sementara untuk dikonsumsi dalam bentuk jus, harus dibuat dengan cara yang tepat.

Untuk bahan jus, gunakan sayur dalam keadaan mentah. Pilih sayur yang ditanam secara organik dan natural, tidak terkontaminasi oleh bahan toksik atau pestisida kimia. Yang dimaksud natural adalah tanaman yang ditanam di tanah, bukan hidroponik, aeroponik, atau teknik penanaman lain tanpa tanah.

Manfaat Sayuran Bagi Tubuh Manusia

Sebelum dibuat jus, sayur dicuci sampai bersih. Membuat jus yang sehat sebaiknya tidak menambahkan air atau es. Apabila ingin disajikan dingin, sebaiknya jus disimpan dalam kulkas. Jus yang sudah dibuat sebaiknya langsung dikonsumsi, maksimum dua jam setelah dibuat dan empat jam di dalam kulkas. Terapi jus bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh (membuang racun di dalam tubuh) dan pencegahan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, hipertensi, diabetes, gangguan ginjal, dan stroke.

 

Sumber: Buku 15 Sayuran Organik Dalam Pot

Baca Juga:  Petani Ini Kembangkan Bunga Kol Warna-warni
loading...
loading...