Manfaat Segelas Jus Sirsak

Pertanianku — Mungkin Anda sering menjumpai menu jus sirsak di beberapa rumah makan. Jus sirsak memang terasa menyegarkan dengan paduan rasa manis dan asam. Selain menyegarkan, jus ini ternyata juga sangat menyehatkan. Di Indonesia, sirsak dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 1.000 mdpl.

jus sirsak
foto: pertanianku

Sirsak terdiri atas 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Buah sirsak mengandung air serta zat gizi yang cukup banyak. Salah satu gizi yang paling banyak terkandung adalah karbohidrat gula pereduksi (glukosa dan fruktosa). Jumlah kandungannya mencapai 81,9—93,6 persen dari kandungan gula total.

Buah sirsak termasuk buah yang rendah lemak dengan kandungan vitamin C yang paling dominan. Kandungan vitamin C buah sirsak mencapai 20 mg per 100 gram daging buah. Kandungan vitamin C buah ini mampu memenuhi 1/3 kebutuhan vitamin C orang dewasa setiap harinya. Kandungan vitamin C pada buah sirsak bisa berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar.

Loading...

Saat ini di Indonesia terdapat dua jenis sirsak yang bisa dikonsumsi, di antaranya sirsak manis asam dengan bijinya yang banyak dan sirsak manis yang lengket di lidah dengan bijinya yang sedikit.

Selain zat gizi, buah ini juga mengandung fitokimia seperti senyawa saponin, polifenol, dan bioflavanoid yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Zat kimia lain yang dimiliki buah ini adalah asam organik nonvolatil yang dapat memberikan rasa asam pada buah sirsak. Asam organik tersebut adalah asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

Sirsak juga kaya akan serat pangan, yakni mencapai 3,3 gram per 100 gram daging buah. Oleh karena itu, mengonsumsi 100 gram daging buah sirsak bisa memenuhi lebih kurang 15 persen kebutuhan serat pangan setiap harinya. Serat tersebut berfungsi melancarkan pencernaan, terutama untuk mengatasi sembelit.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Pohon Sawo

Sirsak bisa dikonsumsi dalam keadaan segar ataupun dibuat menjadi jus yang menyegarkan.

Loading...
Loading...