Manfaat Segelas Jus Wortel yang Menyegarkan

Pertanianku — Wortel tak hanya dapat diolah sebagai campuran sayuran, tetapi juga bisa diolah menjadi jus yang menyegarkan. Namun, masih banyak orang yang kurang menyukai jus wortel karena rasa wortelnya terbilang sangat kuat. Sebetulnya, Anda bisa membuat jus wortel terasa lebih nikmat jika dicampur dengan yang lain, seperti tomat.

jus wortel
foto Pixabay

Jus wortel yang dicampur dengan tomat akan terasa lebih manis dan menyegarkan. Rasa dari wortel sendiri akan lebih meredup sehingga cocok untuk Anda yang kurang menyukai wortel. Namun, sebaiknya gunakan wortel khusus jus, agar rasanya lebih nikmat.

Wortel merupakan sumber provitamin A (beta karoten), serat, dan beragam senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit kanker dan serangan jantung. Dalam satu umbi wortel berukuran sedang mengandung sekitar 15.000 IU beta karoten. Senyawa tersebut bermanfaat untuk menajamkan penglihatan yang kurang pada malam hari.

Beta karoten juga berguna untuk melindungi mata dari degenerasi makula dan menekan perkembangan katarik sinilis yang sering timbul pada usia lanjut.

Kandungan beta karoten juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker, menjaga kesehatan kulit, dan menghambat proses penuaan. Kandungan beta karoten di dalam wortel dapat lebih mudah terserap jika umbi diolah dengan cara direbus sebentar.

Kandungan serat di dalam wortel juga terbilang tinggi. Serat tersebut sangat laksatif dan berguna untuk mengatasi sembelit.

Umbi wortel juga mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, nutrisi antikanker, gula alami, mineral (besi, kalium, natrium, magensim, tembaga, krommium, glutation, dan tembaga), vitamin (A, B1, B6, C, E, dan K), pectin, biotin, dan asam folat.

Satu mangkok wortel sudah dapat memenuhi sebanyak 25 persen kebutuhan karoten setiap harinya. Dalam 100 gram wortel terdapat 41 kalori, 9,6 karbohidrat, 4,5 gula, dan 3 gram serat.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Prinsip Pertanian Organik

Sementara itu, untuk Anda yang rutin mengonsumsi jus wortel dapat merasakan manfaat sebagai berikut.

  • Kesehatan mata lebih baik.
  • Sistem kekebalan tubuh meningkat.
  • Kulit menjadi lebih sehat.
  • Tekanan darah teratur.
  • Menjaga berat badan agar tidak berlebihan.
  • Meminimalisir risiko terkena kanker.
  • Membantu memperlancar buang air besar.
  • Membantu kerja otak dengan baik.