Manfaat Sekam Bakar sebagai Media Tanam


Pertanianku — Sekam padi sudah banyak dimanfaatkan sebagai media tanam untuk mrngurangi limbah padi agar tidak terbuang percuma. Sekam padi adalah limbah yang dihasilkan dari bekas penggilingan beras yang sudah melalui proses pembakaran terlebih dahulu. Manfaat sekam bakar ini akhirnya sangat berguna dalam bidang pertanian.

Manfaat sekam
Foto: Shutterstock

Sekam padi biasa dimanfaatkan untuk proses penggemburan tanah, untuk mengikat unsur hara pada tanaman. Sekam juga dapat memperbaiki tingkat keasaman tanah. Kandungan silika yang terdapat pada sekam bakar akan memperkuat daun sehingga daun-daun menjadi lebih tegak dan memperkuat tanaman serta mendorong perkembangan sel-sel tanaman.

Sekam padi berfungsi menggemburkan tanah sehingga membuat akar tanaman menyerap unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Untuk jenis tanaman hias ada dua jenis sekam padi bakar yang dapat digunakan, yaitu yang hangus sebanyak 50 persen untuk media tanam atau dicampur dan yang kedua, yaitu yang hangus 100 persen baik untuk media tanam atau dicampur.

Sebenarnya semua jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik dengan sekam bakar dengan keuntungan dan manfaatnya yang banyak. Tetapi, memang harganya lebih mahal karena proses pembuatannya memakan banyak waktu dan membutuhkan banyak bahan bakar. Sekam bakar juga bisa menjadi bahan organik dan kompos yang baik untuk tanah.

Bahkan, yang lebih menarik lagi, tanaman masih bisa hidup meski tanpa tanah, masih bisa hidup di atas sekam bakar atau abu sekam. Hal itu dikarenakan terdapat adanya kandungan unsur hara yang baik bagi tanaman pada sekam bakar tersebut.

Meskipun begitu, kandungan unsur hara dalam media tanam sekam padi ini sebaiknya tetap harus dicampur dengan pupuk buatan agar nutrisinya semakin meningkat. Tentunya penambahan dengan pupuk buatan juga harus disesuaikan dengan hal-hal lainnya.

Baca Juga:  Menyulap Serbuk Gergaji Jadi Pupuk Kompos