Manfaat Selada Untuk Kesehatan Tubuh


Pertanianku — Selada adalah sayuran dari golongan brassica yang sangat populer digunakan sebagai bahan masakan. Biasanya, selada dijadikan lalapan dan dimakan mentah. Rasa selada memang lezat dan cenderung netral tidak begitu bau sayuran mentah. Manfaat selada untuk kesehatan juga sangat melimpah.

manfaat selada untuk kesehatan
Foto: Pixabay

Selada banyak mengandung vitamin dan mineral, juga rendah lemak. Namun yang perlu diperhatikan adalah kandungan purinnya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, bagi para penderita asam urat sebaiknya jangan memakannya walau sedikit.

Lantas, apa saja manfaat selada untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan berikut ini untuk lebih jelasnya.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Selada dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Sebab, sayuran ini memang cocok dimakan sebagai lalapan mentah dan dikonsumsi dengan sambal. Mayoritas masyarakat Indonesia menyukai sambal dan selada sangat tepat untuk dijadikan pendamping lauk.

  1. Mengobati flu

Flu disebabkan oleh virus influenza. Untuk mengobati flu, dibutuhkan obat-obatan dan makanan pendukung. Orang yang sedang flu disarankan banyak mengonsumsi sayuran dan buah. Selada bisa jadi alternatifnya.

  1. Mengobati batuk berdahak

Batuk berdahak terjadi karena penumpukan lendir di saluran antara tenggorokan dan hidung. Jenis batuk ini sangatlah menyiksa. Oleh karena itu, dibutuhkan obat sesegera mungkin. Selada bisa jadi alternatif obat herbalnya.

  1. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah senyawa hasil dari proses kimiawi dalam tubuh. Dimana senyawa ini tidak mampu diserap oleh tubuh dan cenderung merusak sel-sel dalam tubuh. Untuk menangkal radikal bebas, dibutuhkan penangkal yang ternyata bisa Anda dapatkan dari sayur selada ini.

  1. Mengobati insomnia

Insomnia adalah gangguan susah tidur. Ketika malam menjelang, ada perasaan lelah dan mengantuk, namun sama sekali tidak bisa tidur. Untuk itu, seseorang butuh makanan yang sanggup membuat tidur nyenyak. Ternyata selada bisa mengatasi masalah tersebut.

  1. Mengobati anemia
Baca Juga:  Diet Thonon Turunkan Hingga 5 Kg dalam 2 Minggu, Amankah?

Anemia dapat disembuhkan dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya zat besi. Di dalam sayuran seperti selada ini memiliki zat besi yang melimpah. Jadi, sangat cocok dimakan oleh mereka yang mengidap anemia.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Selada juga digadang-gadang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab, selada memang bagus untuk menunjang arteri supaya Anda tidak mengalami penumpukan asam trigliserida yang biasanya jadi penyebab darah tinggi.

loading...
loading...