Manfaat Selasih, Resep untuk Ramuan Berbagai Macam Penyakit

Pertanianku — Selasih menjadi pelengkap es buah yang sering Anda jumpai, apalagi saat bulan puasa. Meskipun bentuknya kecil-kecil dan saat dimakan tidak ada rasanya, selasih menyimpan berbagai macam manfaat. Salah satu manfaat selasih yang bisa Anda dapatkan adalah mampu mengobati penyakit radang mata dan bercak putih pada selaput bening mata.

manfaat selasih
foto: pertanianku

Selasih mengandung beberapa bahan kimia dan asam lemak seperti asam palmitat, asam oleat, asam stearate, dan asam linoelat. Tanaman ini merangsang penyerapan, peluh keringat, peluruh kencing, pelancar peredaran darah, penghilang rasa sakit, dan pembersih racun. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal yang menggunakan manfaat selasih untuk menyembuhkan beberapa penyakit tertentu.

Sering gugup

Loading...

Cuci bersih 2 sendok teh biji selasi. Setelah itu, seduh dengan 1 cangkir air panas dan diamkan hingga air dingin. Ramuan seduhan tersebut dapat Anda minum hingga rasa gugup menghilang.

Sariawan dan sulit buang air besar

Cuci bersih 2 sendok teh biji selasih, lalu seduh dengan 1 cangkir air panas dan diamkan hingga dingin. Hasil seduhan tersebut dapat Anda campurkan dengan sirup dan bisa diminum setiap hari hingga sariawan menghilang dan buang air besar Anda sudah lebih lancar.

Tuberkulosis (TBC)

Ambil 3 tanaman selasih, lalu cuci bersih. Rebus tanaman tersebut dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 2 ¼ gelas. Diamkan hingga dingin dan saring ramuan tersebut. Agar rasanya lebih enak, Anda bisa menambahkan gula secukupnya. Minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari, masing-masing ¾ gelas.

Sakit kepala, haid tidak teratur, dan rematik

Cuci bersih 15 gram tanaman selasih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 ¾ gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minumlah 3 kali sehari, masing-masing ¾ gelas. Anda juga bisa mengonsumsi ramuan dengan cara ditumbuk, lalu peras hasil tumbukan tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Mentimun sebagai Obat Herbal

Radang mata, bercak putih pada selaput bening mata

Cuci bersih 5 gram biji, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum 3 kali sehari, masing-masing sebanyak ¾ gelas.

 

 

 

Loading...
Loading...