Manfaat Semangka untuk Kehamilan yang Sehat


Pertanianku — Sudah tahukah Anda tentang manfaat semangka untuk kehamilan yang sehat? Semangka adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

manfaat semangka
Foto: Pixabay

Paaslnya, bukan hanya memberikan sensasi segar saat mengonsumsinya, melainkan semangka juga bisa membantu meredakan gejala mual dan muntah. Selain itu, bisa membuat tubuh ibu hamil tetap terhidrasi.

Hampir 92 persen buah semangka terdiri atas air dan gula alami yang sangat bermanfaat. Itu sebabnya mengonsumsi buah ini bisa mencegah dehidrasi akibat mual muntah yang berlebihan di awal kehamilan.

Disamping itu, kandungan mineral di dalam semangka juga dinilai dapat membantu mencegah kram yang biasanya terjadi di trimester tiga kehamilan.

Jika dibandingkan dengan tomat, ternyata kandungan likopen dalam semangka lebih tinggi. Buah ini juga mengandung anti-oksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan tabir surya alami yang bekerja dari dalam kulit.

Penelitian yang dimuat dalam Jurnal International Journal of Gynecology and Obstetrics menemukan, mengonsumsi suplemen likopen setiap hari bisa mengurangi insiden preeklampsia hingga 50 persen.

Kandungan lain dalam buah ini, yaitu vitamin A,C, dan B6 juga terkandung potasium dan magnesium. Nutrisi ini penting untuk perkembangan organ tubuh bayi.

Hal paling menarik dari buah ini tentu saja terletak pada rasanya yang manis dan menyegarkan, sehingga jarang ibu hamil yang akan menolaknya karena merasa mual.

Baca Juga:  Daun Ketumbar Punya Manfaat Ajaib Ini, Lho!