Manfaat Semut Rangrang untuk Manusia

Pertanianku — Apa manfaat semut rangrang untuk manusia? Semut rangrang seringkali dianggap sebagai serangga pengganggu yang menghuni berbagai tanaman, terutama pepohonan. Keberadaannya juga sangat mengganggu aktivitas manusia karena gigitannya yang menyakitkan.

manfaat semut rangrang
Foto: Google Image

Akan tetapi, di balik itu semua, sebagian orang justru membudidayakan semut rangrang dan menjadikannya ladang usaha. Semut ini memiliki ukuran yang lumayan besar dan berwarna merah. Semut jenis ini seringkali dibudidayakan untuk kemudian telurnya dijual kepada para pencinta burung kicau sebagai pakan piaraan mereka.

Namun, selain berguna sebagai pakan burung kicau, semut rangrang juga berguna bagi manusia. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita petik dari semut rangrang.

1. Semut rangrang dapat memberikan tambahan penghasilan yang lumayan besar bagi para petani yang memanfaatkannya melalui produksi krotonya untuk dijual.

2. Semut rangrang membantu petani buah dalam menjaga buahnya dari serangan hama dan ulat pengganggu atau dalam istilah kerennya sebagai biokontrol bagi tanaman buah.

3. Dengan keberadaan semut rangrang yang memangsa hama tanaman buah, secara otomatis dapat mengurangi penggunaan pestisida kimia dalam pengendalian hama tanaman.

4. Telur semut rangrang bermanfaat bagi manusia karena memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi sebagai pakan burung yang memiliki nilai gizi yang tinggi.

5. Telur semut rangrang atau yang lebih dikenal dengan nama kroto dapat dijadikan umpan memancing bagi para nelayan atau bagi penghobi memancing.

6. Semut rangrang juga bisa dijadikan campuran dalam obat tradisional di berbagai negara di dunia ini.

Itu dia informasi tentang semut rangrang beserta manfaatnya yang sangat besar bagi kehidupan manusia.

Baca Juga:  Hormon Kalin pada Tanaman, Ternyata Ini Fungsinya
Loading...