Manfaat Singkong Sebagai Obat Herbal

PertaniankuSingkong sering dijadikan bahan pangan pengganti nasi karena sama-sama mengandung energi yang dibutuhkan oleh manusia. Terlebih, singkong lebih mudah didapat dengan harga yang jauh lebih murah. Biasanya, singkong sering diolah menjadi berbagai jenis camilan yang lezat, seperti singkong goreng, gethuk, tape, tiwul, dan masih banyak lagi. Selain dibuat makanan, ternyata manfaat umbi ini  juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

singkong
foto: pixabay

Bagian daunnya mengandung bahan kimia seperti hidrat arang, kalsium, fosfor, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan zat besi. Sementara, pada bagian kulit batang terdapat enzim peroksidasi, glikosida, kalsium oksalat, dan tannin. Pada bagian umbinya terdapat amium, hidrat arang, kalsium, protein, lemak, fosfor, zat besi, vitamin B, dan vitamin C.

Dari seluruh kandungan yang dimilikinya, singkong dapat berperan sebagai antikanker, anti-oksidan, antitumor, dan penambah nafsu makan. Seluruh bagian tanaman bisa dimanfaatkan, baik umbi, batang, maupun daunnya untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Berikut ini penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman singkong.

Loading...

Luka dan luka bernanah

Gunakan bagian batang secukupnya yang sudah dibersihkan, lalu tumbuk halus. Berikan sedikit air dan aduk menjadi adonan. Sebelum dibalurkan ke luka, bersihkan luka dengan air hangat atau alkohol 70 persen, lalu balurkan ramuan pada luka dan perban. Ganti ramuan rutin 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

Kutu air

Gunakan bagian umbi secukupnya. Kupas kulitnya, bersihkan, dan parut hingga halus. Bersihkan bagian kulit yang luka akibat kutu air, lalu balurkan parutan umbi singkong pada bagian luka. Ulangi pengobatan secara rutin hingga luka menghilang.

Rematik

Cuci bersih 7 lembar daun singkong, 1 jari jahe, dan kapur sirih secukupnya, tumbuk halus seluruh bahan. Tambahkan sedikit air ke dalam hasil tumbukan dan aduk hingga menjadi adonan. Balurkan ramuan pada bagian yang sakit dan ulangi pengobatan secara rutin.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Gula Cair dari Singkong

Penglihatan kurang jelas

Cuci bersih 100 gram daun singkong, 13 gram boroco, dan sedikit garam. Tambahkan air secukupnya ke dalam ramuan dan rebus hingga mendidih. Minum air ramuan dan makan daun singkongnya.

 

Loading...
Loading...