Manfaat Singkong Untuk Kesehatan


Pertanianku – Singkong adalah salah satu jenis makanan yang berasal kelompok dari umbi bahkan daunnya pun bisa dimasak. Daun singkong biasanya diolah menjadi beberapa menu masakan yang melezatkan. Di Indonesia singkong sangat disukai orang, karena harganya yang relatif murah menjadikan makanan ini sebagai cemilan dikala santai.

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Baik singkong ataupun daunnya adalah makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan karena mengandung antiosidan, antikanker. Berikut ini beberapa manfaat singkong untuk kesehatan tubuh Anda :

  1. Mengobati Sakit Kepala

Jika merasa sakit kepala sebaiknya jangan langsung minum. Lebih baik jika menggunakan singkong. Caranya dengan menghaluskan daun singkong, lalu kompresksn pada kepala Anda.

  1. Menurunkan Demam

jika demam, ambil 300 gram daun dan 60 gram batang singkong lalu rebus dengan 800 cc air. Setelah itu, biarkan rebusan berkurang hingga 400 cc. Setelah itu, saring air sebelum diminum, sebaiknya dikonsumsi dua kali sehari pagi dan sore hari

  1. Mengobati Rematik

Singkong dapat digunakan untuk mengobati penyakit rematik. Ada dua cara mengobatinya, dapat dilakukan dari luar dan dalam. Untuk pengobatan luar, ambil 100 gram  batang singkong, 15 gram jahe, garam dan serai. Rebus semua bahan dengan menggunakan 1000 cc air dan biarkan rebusan berkurang hingga 400 cc. Setelah itu, minumlah sebanyak 200 cc dua kali sehari pagi dan sore. Lakukan selama dua hari.

Sedangkan untuk pengobatan dari luar, haluskan lima lembar daun singkong dengan 15 gram jahe. Lalu oleskan pada bagian tubuh yang terasa sakit.

  1. Mengatasi Diare

Jika terkena diare, ambil tujuh lembar daun singkong lalu rebus dengan 800 cc air. Lalu biarkan rebusan berkurang hingga 400 cc. Setelah itu, saring airnya dan siap untuk diminum

Baca Juga:  Kiat Sukses Menanam Jahe Gajah dalam Karung

Singkong bukan hanya menjadi cemilan yang sehat Namun dapat digunakan sebagai obat dari beberapa penyaklit yang perlu Anda ketahui.