Manfaat Singkong untuk Obat Rematik dan Cacingan


Pertanianku — Singkong biasa dimakan sebagai gorengan, keripik, atau kolak. Singkong juga bisa dijadikan tepung untuk menggantikan terigu. Namun tahukah Anda, manfaat singkong tak hanya sampai di situ. Tanaman umbi ini juga bisa dijadikan obat, yaitu obat rematik dan cacingan.

manfaat singkong
Foto: Pixabay

Tidak hanya umbi, daun, dan batang singkong pun bisa diramu sebagai obat herbal. Almarhum Prof. Hembing Wijayakusuma, seorang pakar tanaman obat, mengatakan bahwa efek farmakologis dari singkong adalah sebagai anti-oksidan, antikanker, antitumor, dan menambah nafsu makan.

Singkong dapat mengobati rematik dari dalam dan luar. Kandungan asam amino dalam singkong bermanfaat untuk kesehatan tulang sehingga singkong digunakan sebagai obat rematik.

Inilah resep obat untuk rematik dari singkong yang dilansir kembali menurut laman singkong.net.

Pemakaian dalam

  • Bahannya adalah 100 gram batang singkong, satu batang sereh, 15 gram jahe, lalu rebus dalam 1.000 cc air sampai tersisa 400 cc saja.
  • Air yang telah disaring diminum sebanyak 200 cc, 2 kali sehari pagi dan sore.

Pemakaian luar

  • Bahan yang diperlukan adalah 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah serta kapur sirih secukupnya.
  • Semua bahan dihaluskan dan tambahkan air secukupnya, kemudian oleskan pada bagian yang sakit.

Masih ada satu resep obat lagi dari singkong untuk Anda yang anaknya menderita cacingan melansir laman herbalisnusantara.com. Ambil kulit batang singkong secukupnya, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Selanjutnya, saring untuk diambil airnya. Minum air rebusan tadi menjelang tidur malam. Dengan meminum obat dari singkong ini, cacing dalam perut bisa dibunuh dan membuat tubuh sehat kembali.

Baca Juga:  Cara Menikmati Berondong Jagung dengan Sehat