Manfaat Sirih Merah Menurut Riset


Pertanianku – Sampai saat ini, memang belum terlalu banyak riset ilmiah mengenaikhasiat sirih merah. Akan tetapi, dari beberapa riset diketahui bahwa daun sirih merah dapat men urunkan kadar glukosa darah, mengandung senyawa kimia bermanfaat, dan aman dikonsumsi.

Riset Sirih Merah Membuktikan

  1. Penurun glukosa darah

Uji praklinis yang dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik (Balittro) Bogor menunjukkan bahwa pemberian ekstrak sirih merah 20 g per kg bobot tikus menurunkan kadar glukosa darah tikus sebesar 34,3%. Hasil ini cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan obatantidiabetes komersial yang hanya menurunkan 27% glukosa darah. Hasil uji praklinis pada tikus ini dapat dipakai sebagai acuan penggunaan pada orang yang menderita diabetes.

  1. Kaya akan senyawa kimia bermanfaat

Hasil penelitian Andayana Puspitasari, Apt., dari Biologi Farmasi, Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, sirih merah mengandung flavonoid, alkoloid, senyawa polifenolat, tanin, dan minyak atsiri. Memanfaatkan daun sirih merah ini, selain dalam bentuk segar, bisa juga dengan teknik pengeringan memakai sinar matahari.

  1. Aman dikonsumsi

Peneliti muda dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Mega Safithri dan Farah Fahma telah meneliti toksisitas ekstrak air daun sirih merah dan kemampuannya dalam menurunkan kadar glukosa darah tikus. Untuk mengetahui tingkat keamanan dan efek samping daun yang bersifatantiseptik ini, dilakukan uji toksisitas. Ekstrak dengan konsentrasi 0, 5,10, 20 g per kg bobot badan d iberikan secara oral pada masing-masing enam ekor tikus Sparague Dawley. Setelah tujuh hari, bobot tubuh ke-24 tikus bertambah, tanpa gangguan kesehatan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemberian ekstrak hingga dosis 20 g per kg berat badan aman dikonsumsi dan tidak bersifat toksin (racun).

 

Sumber: Buku Daun Ajaib

 

Baca Juga:  5 Fakta Mengejutkan di Balik Khasiat Buah Belimbing
loading...
loading...