Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan

Pertanianku — Tanaman sirih merah sering digunakan sebagai tanaman hias merambat yang bisa menutupi spot yang ingin ditutupi. Tak hanya itu, manfaat sirih merah juga sering digunakan sebagai obat herbal. Tak heran, banyak orang yang senang menanam tanaman ini sebagai tanaman hias yang bisa berperan sebagai tanaman obat.

manfaat sirih merah
foto: pertanianku

Manfaat sirih merah yang memiliki nama ilmiah Piper crocatum Ruiz dalam dunia kesehatan adalah mengobati tumor dan kanker. Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah daun. Daun sirih merah mengandung flavonoid, alkaloid, polevenolad, tannin, dan minyak atsiri.

Sirih merah tumbuh merambat dengan permukaan daun berwarna merah keperakan serta mengilap saat terkena cahaya. Sosok inilah yang disukai oleh pencinta tanaman hias.

Loading...

Daun sirih merah memiliki panjang hingga 20 cm, kaku, dan tebal. Jika daun sirih merah dirobek maka akan mengeluarkan lendir serta aroma yang harum. Batangnya bulat dengan warna hijau keunguan.

Jika ingin dimanfaatkan sebagai obat herbal, Anda bisa mengolah daun ini menjadi ramuan. Untuk menyembuhkan tumor payudara, rebus selembar daun sirih merah segar dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Bagi air rebusan tersebut menjadi tiga bagian agar bisa diminum sebanyak tiga kali sehari. Lakukan pengobatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Resep lain yang bisa Anda gunakan adalah rendam daun yang sudah dibersihkan selama 30 menit. Selanjutnya, potong daun tipis-tipis dan keringkan selama satu jam. Setelah kering, simpan daun di dalam wadah kering untuk diseduh.

Daun sirih merah dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Sirih merah juga bisa menyembuhkan masalah kewanitaan seperti keputihan dan kebersihan organ intim wanita karena daun ini bisa bersifat antiseptik.

Baca Juga:  Umbi Bawang Berlian Berkhasiat Sembuhkan Berbagai Penyakit

Di Yogyakarta, daun sirih merah sudah dikonsumsi turun-temurun karena bisa menyembuhkan berbagai jenis macam penyakit kulit.

Hingga saat ini belum ditemukan literatur yang membahas efek samping dari penggunaan daun sirih merah. Namun, sebaiknya untuk Anda yang sedang hamil dan menyusui serta anak-anak, sebaiknya jangan mengonsumsi ramuan herbal daun sirih secara berlebihan sebelum berkonsultasi dengan herbalis atau dokter.

Loading...
Loading...