Manfaat Stroberi untuk Kesehatan Anak


Pertanianku — Buah stroberi memiliki banyak penggemar karena penampilannya cantik dengan warna merah menyala dan dilengkapi aksen daun hijau pada bagian atasnya. Stroberi seringkali dimanfaatkan sebagai salad buah atau jus. Manfaat stroberi ternyata tak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Manfaat stroberi
Foto: Pixabay

Kandungan baik yang terdapat di dalam stroberi berperan baik untuk kesehatan anak. Berikut beberapa manfaat kesehatan untuk anak, jika rajin mengonsumsi stroberi.

  1. Merawat kulit anak

Stroberi kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit anak. Selain dapat mencerahkan, stroberi juga bisa memberikan efek lembap pada kulit. Jadi, jika sekarang anak Anda sedang seru-serunya bermain di luar rumah, stroberi bisa menjadi camilan paling tepat untuk anak Anda.

  1. Menghidrasi tubuh

Kandungan air yang terdapat dalam buah stroberi tak kalah banyak dengan buah semangka. Tiga sampai lima buah stroberi berukuran besar setiap hari bisa membantu melembapkan dan meningkatkan kadar air dalam tubuh anak. Jika anak kesulitan memakan buah potongan, Anda bisa mengubah buah stroberi menjadi jus atau memotong dadu buah tersebut.

  1. Memperbaiki mood anak

Seiring bertambahnya usia, hormon dalam tubuh anak juga akan berubah-ubah. Karena itu, bisa mengubah mood anak kapan saja dan di mana saja. Stroberi diketahui mampu merangsang pelepasan serotonin atau hormon yang memengaruhi suasana hati dan memperbaiki mood anak yang sedang tidak baik.

  1. Menambah daya ingat

Banyak ahli yang mengatakan bahwa kandungan folat yang terdapat dalam buah stroberi bisa meningkatkan daya ingat manusia. Jika rutin dikonsumsi, buah ini juga bisa membantu anak lebih konsentrasi di sekolah. Akan tetapi, jangan jadikan buah stroberi saja sebagai menu utama bekal untuk anak ke sekolah. Sebab, buah stroberi lebih baik dimakan saat masih segar atau yang baru saja dikeluarkan dari kulkas.

  1. Menjaga sistem pencernaan
Baca Juga:  Penting! Perhatikan Hal Ini Saat Menanam Cabai di Musim Hujan

Sembelit dan diare merupakan penyakit yang paling sering diderita oleh anak. Oleh karena itu, penting untuk Anda memenuhi kebutuhan serat hariannya. Stroberi mengandung serat tinggi, tapi rendah kalori sehingga dapat membantu menjaga sistem pencernaan dan menurunkan kadar gula darah pada anak.