Manfaat Talas untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku — Apakah Anda sudah pernah makan talas? Bahan pangan ini mudah ditemui di kawasan Bogor, Jawa Barat dan sekitarnya. Umbi talas membutuhkan tanah yang gembur dan beriklim sejuk untuk tumbuh. Talas terkenal sebagai sumber energi. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang memanfaatkan talas sebagai bahan pangan alternatif.

manfaat talas
foto: Pixabay

Talas berasal dari kawasan Asia Tenggara dan Asia Tengah. Saat ini umbi tersebut sudah menyebar ke berbagai belahan dunia, seperti Cina, India, Afrika Barat, dan Hindia Barat.

Umbi talas berwarna putih kekuningan, tetapi tidak semua jenis talas memiliki warna yang sama. Satu buah umbi talas rata-rata berbobot 2–4 kg. Dagingnya bertekstur empuk.

Masyarakat biasanya memanfaatkan bagian umbi tanaman untuk diolah menjadi makanan. Daun talas juga kerap diolah menjadi makanan yang lezat. Daun talas merupakan sumber vitamin A dan C. Tak hanya berguna sebagai sumber energi, talas juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat talas untuk kesehatan tubuh.

Sehat untuk jantung

Manfaat talas pertama yang sangat penting adalah melindungi kesehatan jantung. Hal ini karena talas mengandung sejumlah mineral penting seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, umbi ini juga mengandung potassium yang baik untuk tubuh.

Menjaga tekanan darah

Umbi talas mengandung zat katalium yang sangat baik untuk membantu tubuh menstabilkan dan menurunkan tekanan darah. Manfaat ini sangat berguna bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Umbi talas mengandung banyak vitamin C dan antioksidan lainnya yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem imun pada tubuh. Dengan membuang radikal bebas, tubuh akan terjaga dari berbagai penyakit berbahaya.

Sumber energi

Baca Juga:  Langkah Bertanam Wortel Organik

Umbi talas bisa Anda manfaatkan sebagai sumber energi untuk tubuh. Talas dapat memberikan kalori yang lebih banyak daripada kentang. Tiap 100 gram talas mengandung 112 kalori. Kalori talas berasal dari kandungan karbohidrat kompleks yang dikenal dengan amilosa dan amilopektin.