Manfaat Talas untuk Kesehatan


Pertanianku — Talas adalah jenis umbi-umbian yang memiliki kesamaan dengan kentang. Tanaman ini hanya tumbuh di beberapa negara, biasanya di negara tropis seperti Asia. Talas memang tidak sepopuler kentang atau ubi. Namun, manfaat talas sangat baik kesehatan dan kecantikan.

manfaat talas
Foto: Google Image

Talas dapat dimanfaatkan sebagai makanan bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. Umbi dari tanaman ini mengandung serat dan kaya akan vitamin, di antaranya vitamin A, C, E, B6, dan folat.

Talas juga mengandung potassium yang baik untuk pencernaan. Potassium adalah nutrisi penting bagi tubuh karena kekurangan potassium dapat memicu penyakit jantung, darah tinggi, kanker, dan masalah infertilitas.

Lalu, apa saja manfaat talas? Berikut ini ulasannya, yuk simak!

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Talas berperan penting dalam membantu kesehatan lambung dan usus, alias gastrointestinal. Talas membantu makanan dicerna dan diserap dengan baik oleh lambung dan usus. Dengan begitu, proses pencernaan dapat berjalan lancar. Talas juga dapat mengurangi masalah-masalah pencernaan, seperti produksi gas yang berlebih, kembung, diare, dan kram perut.

  1. Mengatasi masalah darah tinggi

Talas mengandung potassium yang mampu mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah. Oleh karena itu, talas baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Talas juga mampu mengurangi stres pada sistem kardiovaskular dan kandungan potassium di dalamnya mampu meningkatkan fungsi kognitif.

  1. Membantu masalah penglihatan

Talas mengandung berbagai macam vitamin, salah satunya vitamin A. Selain itu, talas juga mengandung anti-oksidan yang terdiri atas beta-carotene dan cryptoxanthin. Selain berfungsi untuk mencegah terjadinya katarak, beta-carotene juga bisa membantu mengatasi penyakit jantung.

  1. Baik bagi penderita diabetes

Talas mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam butuh, yang merupakan faktor penting untuk mencegah perkembangan penyakit diabetes. Jika Anda rutin mengonsumsi talas diiringi dengan diet sehat, akan menurunkan risiko terhadap penyakit diabetes.

  1. Kesehatan kulit dan rambut
Baca Juga:  Jenis Ikan Laut yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Talas mengandung vitamin A, E, dan B6 yang berfungsi untuk memperbaiki sel kulit. Anti-oksidan yang terkandung dalam talas juga mampu mencegah penuaan dini. Fungsi dari vitamin B6 sendiri adalah memperbaiki jaringan.

Dengan mengonsumsi talas secara rutin, kulit akan kembali bersinar, noda hitam juga akan menghilang secara alami. Bagi kulit kepala yang kering, vitamin E dalam talas dapat memberikan kelembapan pada rambut.

loading...
loading...