Manfaat Tanaman Ekor Kucing Berikut Cara Pemakaiannya


Pertanianku Tanaman ekor kucing dikenal sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit dan penyembuhan luka. Tumbuhan ekor kucing atau lofoti ini (Acalypha hispida Burm. f) merupakan jenis tanaman asli Hindia Barat. Tumbuhan ini disebut ekor kucing, karena bunga yang keluar dari ketiak daun menyerupai ekor kucing. Hanya saja warnanya merah seperti darah.

Tanaman ekor kucing
Foto: Google Image

Bunga ekor kucing dapat digunakan untuk mengobati disentri, radang usus, muntah, buang air besar berdarah, mimisan, serta mengatasi pendarahan. Selain itu, bunga ini dapat digunakan untuk mengobati casingan, luka bakar, dan tukak (ulkus) di kaki. Bagian daun dari tanaman ekor kucing dapat digunakan untuk pengobatan bercak putih pada kulit karena kehilangan pigmentasi, vitiligo, batuk berdarah, luka, disentri, serta sariawan.

Untuk mendapatkan khasiatnya, bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah bunga dan daun. Berikut ini cara-cara membuat ramuan dengan memanfaatkan tanaman ekor kucing

  1. Untuk pengobatan vitiligo

Cucilah segenggam daun segar ekor kucing dan kencur seukuran 1/2 ibu jari sampai bersih, lalu giling sampai halus. Balurkan pada bagian tubuh yang berbercak putih, lalu balut. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

  1. Ramuan untuk penutup luka

Caranya, siapkan dan cuci segenggam daun ekor kucing segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, tempelkan pada luka, lalu balut dengan kain perban.

  1. Ramuan untuk luka berdarah

Caranya, ambil satu genggam bunga ekor kucing, lalu cuci hingga bersih. Tumbuk sampai halus dan tempelkan pada luka, kemudian balut dengan kain perban.

  1. Ramuan ekor kucing untuk disentri

Siapkan bunga ekor kucing sekitar 10—30 helai. Bersihkan, kemudian direbus hingga air mendidih. Setelah dingin, saring terlebih dahulu dan minumlah air rebusan tersebut.

  1. Ramuan ekor kucing untuk radang usus
Baca Juga:  Patut Coba! Rempah Pereda Sakit Kepala yang Mujarab

Siapkan sekitar 20 gram bunga ekor kucing, lalu cuci hingga bersih. Untuk menggunakannya, Anda dapat merebus bunga ekor kucing dengan air mendidih. Setelah dingin, air rebusan dari ekor kucing disaring dan minum airnya.

loading...
loading...