Manfaat Tanaman Jamur Bisa Selamatkan Bumi

Pertanianku — Beberapa ilmuwan meneliti keberadaan tanaman jamur di muka bumi yang ternyata mampu menyelamatkan bumi dan penghuninya. Terdengar seolah mengkhayal, namun manfaat tanaman jamur begitu besar bagi kehidupan. Bukan hanya sebagai salah satu jenis makanan yang baik untuk kesehatan, melainkan banyak di antaranya yang memberikan solusi bagi kehidupan manusia seperti membersihkan planet bumi.

manfaat tanaman jamur
Foto: SHutterstock

1. Jamur dapat membersihkan tumpahan minyak

Tanaman jamur menghasilkan peroksidase sejenis enzim yang memecah hidrokarbon menjadi potongan-potongan kecil yang kemudian jamur dapat merekonstruksinya menjadi karbohidrat. Ketika miselium jamur menyerap tetesan minyak, meningkatkan luas permukaan yang tersedia untuk biodegradasi dan serangan bakteri. Telah terbukti bahwa minyak dua kali lebih banyak terdegradasi ketika jamur yang digunakan dalam hubungannya dengan bakteri.

2. Jamur dapat menggantikan plastik

Plastik, styrofoam, dan bahan sintetis lainnya telah mengakibatkan bumi tercemar dengan bertumpuknya di lautan ataupun di daratan seperti berakhir di tempat pembuangan sampah yang dalam ratusan tahun baru terurai. Oleh karena itu, Perusahaan Ecovative memiliki gagasan unik dan bermanfaat besar sebagai pengganti plastik.

Mereka menggunakan kemasan plastik atau busa yang terbuat dari jamur terutama miselium (bagian vegetatif yang terdiri dari jaringan cabang seperti benang). Produk ini sangat ramah lingkungan terbukti memperoleh penghargaan sebagai alternatif produk ramah lingkungan. Produknya saat ini berupa kemasan, papan selancar, serta bahan bangunan rumah.

3. Jamur merupakan alat daur ulang alami

Tanpa jamur, bumi akan sarat dengan ton tumbuhan dan hewan mati, tetapi bersama-sama dengan bakteri, jamur mengurai bahan mati untuk tanah dalam bentuk yang dapat digunakan kembali. Para ilmuwan di Mexico City menggunakan jamur untuk kebersihan, mendaur ulang dan menurunkan jumlah sampah seperti popok bayi.

Baca Juga:  Mengenal Kemuning, Tanaman Asli Asia

4. Jamur dapat memproduksi biofuel

Ada banyak inisiatif yang dicari untuk mengurangi ketergantungan pada gas dan minyak. Biofuel adalah salah satu alternatif terbaik yang dihasilkan dari tanaman pangan seperti jagung, rumput dan ganggang. Namun sumber-sumber makanan ini menimbulkan masalah karena mereka memerlukan banyak lahan, air, dan pemeliharaan untuk berkembang.

Berbeda dengan jamur, yang tidak membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh dan dapat berkembang dari sisa-sisa makanan dan sampah alam lainnya. Dengan begitu, jamur bisa menjadi alternatif paling menguntungkan dalam menghasilkan biofuel serta tidak menimbulkan masalah dalam memproduksi jamur untuk biofuel.

5. Jamur merupakan pestisida alami tak beracun

Jamur dapat berfungsi sebagai pestisida alami tak beracun yang membuat serangga pergi. Spora jamur membunuh dan mengusir serangga tanpa menyebabkan kerusakan pada hewan lain atau planet seperti terlihat di Tanzania ketika pestisida jamur digunakan.

Loading...