Manfaat Tanaman Penutup Tanah Bagi Tanaman Durian

Pertanianku — Ada yang mengatakan, menanam tanaman durian itu gampang-gampang susah. Durian bisa tumbuh dengan baik jika ditanam di tempat yang memenuhi syarat hidupnya. Durian yang tumbuh rimbun belum tentu menghasilkan buah. Oleh karena itu, Anda perlu memilih lokasi menanam yang tepat sekaligus membuat lokasi tersebut sesuai dengan syarat hidup durian.

tanaman durian
foto: Pertanianku

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih lokasi menanam yang tepat. Setelah itu, melakukan pengolahan lahan dengan membuat lubang tanam, serta menentukan pola dan jarak tanam. Selanjutnya, menanam tanaman pendahulu dan penutup tanah.

Petani durian kerap menanam tanaman penutup tanah sebelum lahan digunakan untuk bertanam. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kondisi lingkungan tanaman yang teduh dan baik untuk tanaman durian muda. Selain itu, tanaman penutup tersebut juga berfungsi sebagai sumber bahan organik dan menghasilkan selama vegetasi durian belum memenuhi lahan.

Tanaman penutup tanah yang sering digunakan adalah rumput, leguminosa, dan alfalfa. Salah satu jenis tanaman yang baik digunakan sebagai penutup tanah adalah Arachis pintol. Selain tanaman penutup tanah, petani juga sering menanam tanaman pendahulu seperti pisang atau tanaman tumpang sari, misalnya jagung, padi gogo, kacang-kacangan, umbi-umbian, rimpang, nanas, dan sayuran.

Tanaman penutup tanah sering dipilih oleh petani karena terbilang mudah dipelihara. Biasanya, petani akan menggunakannya jika kesulitan menanam tanaman buah. Kesulitan tersebut umumnya disebabkan oleh keterbatasan tenaga kerja. Tanaman penutup ditanam di antara sela-sela tanaman durian.

Tanaman pendahulu juga ditanam di antara lubang tanam durian. Tanaman budidaya memang membutuhkan usaha yang lebih besar, pasalnya petani harus mengadakan bibit terlebih dahulu dan melakukan pengolahan tanah.

Untuk tanaman pisang, petani perlu membuat lubang tanaman dengan jarak ½ kali jarak durian. Lubang tanam dibuat berukuran 40 cm × 40 cm × 40 cm di antara lubang tanam durian. Pisang ditanam minimal tiga bulan sebelum tanaman durian ditanam.

Baca Juga:  Tips Membuat Tanaman Srikaya Rajin Berbuah

Setelah itu, petani juga bisa menanam tanaman tumpang sari apabila masih memiliki lahan kosong di antara lubang tanam.