Manfaat Tanaman Sengon, Tak Hanya Penghasil Kayu

Pertanianku — Tanaman sengon terkenal sebagai penghasil kayu dengan umur panen yang lebih singkat dan karakter kayu yang lebih ringan serta lebih berwarna. Kayu sengon memiliki segmentasi pasar yang sangat luas. Tak heran, nilai ekonomi tanaman penghasil kayu ini terbilang tinggi. Manfaat tanaman sengon tidak hanya terletak pada kayunya, tetapi juga pada bagian-bagian yang lainnya, mulai dari daun hingga akar tanaman.

manfaat tanaman sengon
foto: Pertanianku

Daun sengon

Daun sengon dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang bagus dan mengandung banyak protein. Daun sengon dapat diberikan untuk ternak sapi, kerbau, dan kambing. Pemanfaatan daun sengon sebagai pakan ternak tentu dapat menambah nilai ekonomi tanaman sengon dan menguntungkan peternak yang berada di sekitar kebun tanaman sengon.

Akar sengon

Sistem perakaran tanaman sengon yang selama ini tidak begitu diperhatikan sebenarnya memiliki manfaat yang cukup penting untuk kesuburan tanah. Pada sistem perakaran tanaman sengon terdapat banyak nodul akar yang merupakan hasil simbiosis dengan bakteri rhizobium.

Nodul pada akar sengon membantu porositas tanah dan menyediakan unsur nitrogen di dalam tanah. Dengan demikian, keberadaan pohon sengon dapat membuat tanah di sekitarnya menjadi lebih subur. Tanah pada area tersebut bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman palawija yang dapat dijadikan sumber pendapatan lain bagi pekebun sengon.

Kayu sengon

Kayu sengon sering digunakan sebagai kayu olahan, bahan baku pembuat peti, papan penyekat, pencetak semen dalam konstruksi, korek api, pensil, papan partikel, dan bahan baku untuk industri pulp kertas.

Kayu sengon sangat mudah diawetkan, dikeringkan, dan digergaji sehingga kayu tanaman ini sering digunakan sebagai kayu pertukangan. Warna putih pada kayu dapat menambahkan nilai keindahan dari produk yang dihasilkan dari kayu sengon.

Baca Juga:  Kekurangan Tanah yang Masih Asam

Karena kayu sengon tergolong ringan, kayu juga bisa digunakan untuk membuat berbagai perabotan rumah tangga.

Bentuk kayu yang bulat memanjang dapat memudahkan kayu untuk dibuat veneer tanpa perlu diberikan perlakuan. Veneer merupakan kayu tipis yang digunakan sebagai dasar pembuatan kayu lapis. Veneer dibuat dengan cara mengupas atau menyayat kayu sengon.