Manfaat Teh Putih untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Pertanianku— Teh sudah menjadi salah satu minuman yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia dan bahkan sudah menjadi kebiasaan untuk diminum di waktu-waktu tertentu. Saat ini ada beragam jenis teh yang terus bermunculan. Salah satu jenis teh yang wajib Anda coba adalah teh putih.

teh putih
foto: Pertanianku

 

Teh putih (white tea) merupakan jenis teh yang masih cukup asing di Indonesia, apalagi jika dibandingkan dengan teh hitam atau teh hijau. Hal tersebut bukan tanpa alasan, teh ini memang merupakan teh paling langka dan mahal di dunia. Karena harga jual teh putih cukup tinggi, teh ini sering dijadikan sebagai simbol status sosial seseorang.

Pada zaman Dinasti Song atau sekitar 1279—690 SM, teh putih hanya dikonsumsi oleh Kaisar dan keluarga serta para pejabat kerajaan. Teh ini diproduksi secara eksklusif dan hanya bisa dinikmati di Cina. Seiring perkembangan zaman, teh langka ini sudah berhasil diekspor ke berbagai negara di luar Cina. Kini, teh tersebut bisa dinikmati oleh siapa saja.

Teh putih dibuat dari helai pucuk daun Cemellia sinsesi yang masih sangat muda dan belum mekar. Pucuk daun tersebut harus dipetik dengan hati-hati agar tidak merusak kualitas pucuk daun. Pucuk daun yang sangat muda masih diselaputi oleh rambut halus berwarna perak. Hal itulah yang menyebabkan daun teh ini tampak putih ketika sudah mengering.

Daun teh diproses secara alami, yaitu pelayuan dan pengeringan dengan angin dan sinar matahari di pegunungan. Daun teh tidak mengalami proses osksidasi ataupun penggilingan sehingga bentuk daun teh tidak rusak.

Kandungan antioksidan teh langka ini hampir 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari vitamin E. Oleh karena itu, teh ini sangat berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh serta mencegah penuaan diri.

Baca Juga:  Khasiat Lada untuk Kesehatan Tubuh

Teh putih juga berkhasiat untuk melancarkan aliran darah, meningkatkan ketahanan pembuluh darah, antikarsinogenik, mengeluarkan racun, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kelebihan berat badan, membuat tubuh menjadi lebih langsing, menetralisir radikal bebas, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula dalam darah, serta mengurangi stres dan menambah energi.

Anda bisa menikmati teh langka nan berkhasiat ini dengan resep 2 gram teh dan secangkir air panas bersuhu 80°C. Seduh daun teh hingga harum dan airnya berubah menjadi warna putih keperakan. Aromanya sangat menyegarkan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan cita rasa teh agak manis, ringan, dan lembut di lidah. Anda bisa merasakan kemurnian tanaman teh sejati ketika mencicipi teh langka ini.

Meskipun hanya 2 gram, kandungan antioksidannya sudah setara dengan 12 gelas jus jeruk.

 


loading...