Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku — Telur bebek menjadi salah satu telur yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasa telur bebek dinilai lebih gurih. Tak heran, harga telur ini lebih mahal dibanding telur ayam. Tidak sekadar gurih, telur bebek juga mengandung nutrisi yang sangat berguna untuk tubuh. Ada banyak manfaat telur bebek untuk kesehatan tubuh, mulai dari menjaga kesehatan mata hingga membantu tubuh agar lebih berotot.

manfaat telur bebek
foto: Pertanianku

Menyehatkan mata

Telur bebek mengandung vitamin A dengan kadar yang cukup tinggi. Vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan mata apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Tubuh membutuhkan vitamin A sebanyak 5.000 Iu per harinya. Satu telur bebek mengandung 480 IU vitamin A. Dengan begitu, mengonsumsi satu telur bebek sama seperti memenuhi 10 persen kebutuhan vitamin A tubuh harian.

Melancarkan sistem metabolisme tubuh

Manfaat telur bebek selanjutnya yang tidak kalah penting ialah membantu melancarkan metabolisme tubuh. Telur bebek mengandung vitamin E sebanyak 0,9 mg atau setara dengan 3 persen kebutuhan vitamin E harian. Metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik apabila asupan vitamin E yang masuk ke tubuh cukup.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Vitamin E di dalam telur unggas ini dapat membantu sistem pencernaan agar tetap bekerja dengan baik. Selain itu, tekstur telur bebek terbiilang cukup mudah dicerna sehingga tidak akan menyebabkan penyumbatan di usus. Telur bebek tidak akan menyebabkan Anda mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Menambah stamina

Telur bebek sering dimanfaatkan dalam dunia obat tradisional sebagai salah satu campuran ramuan untuk menambah stamina tubuh. Misalnya, susu telur madu jahe (STMJ), ramuan tersebut menggunakan telur ayam kampung atau bebek. Hal ini karena kandungan protein di dalam telur bebek terbilang cukup tinggi. Masyarakat biasanya menggunakan perasan jeruk nipis untuk meminimalisir bau amis.

Baca Juga:  Kiat Meningkatkan Kualitas Susu Perah

Membuat tubuh lebih berotot

Kandungan asam amino di dalam telur bebek berguna meningkatkan massa otot sehingga otot lebih mudah terbentuk, padat, dan kencang. Sementara itu, pada wanita, telur bebek tidak akan membuat kekar sehingga tidak perlu merasa khawatir saat mengonsumsinya.

 


loading...