Manfaat Tepung Jangkrik yang Masih Tidak Diketahui

Pertanianku— Selama ini tepung jangkrik hanya diketahui sebagai bahan baku pembuatan pakan burung. Tepung ini bisa membuat burung menjadi lebih bertenaga dan lebih gacor. Namun, tahukah Anda kalau tepung jangkrik juga dapat dikonsumsi oleh manusia, bahkan bisa menjadi sumber pangan bernutrisi.

tepung jangkrik
foto: Pertanianku

Tepung jangkrik bisa Anda gunakan untuk menggoreng makanan seperti tempe, tahu, cireng, atau bahan makanan lain yang minim gizi. Penggunaan tepung hewani ini bisa menambah nilai gizi hidangan gorengan tersebut.

Olahan makanan lain yang bisa dibuat dengan menggunakan tepung hewani ini adalah kue-kue kering yang umumnya dijumpai pada Lebaran atau Natal, seperti choco chup cricket, kue nastar, kue kacang, kue bunga, kurma cokelat kue semprit, dan kue cokelat.

Selain kue kering tersebut, tepung juga bisa digunakan untuk membuat produk kuliner seperti cake, pizza, dan lain-lain.

Pengolahan tepung jangkrik menjadi kue kering digunakan sebagai wadah untuk mengenalkan produk jangkrik ke masyarakat yang lebih luas. Dengan begitu, masyarakat mengetahui hewan kaya protein ini tidak hanya bermanfaat untuk hewan peliharaan, tetapi juga untuk konsumsi manusia.

Tepung hewani mengandung protein serta zat besi yang bisa membantu masalah kekurangan nutrisi yang kerap dialami oleh penduduk miskin. Kandungan protein jangkrik hampir sama dengan kandungan protein daging sapi dengan berat yang sama. Kandungan kalsium di dalam tepung hewani ini lebih banyak dibanding susu. Selain itu, terkandung 9 macam asam amino esensial.

Di Amerika Serikat, tepung hewani ini sudah sering digunakan untuk membuat cemilan seperti cookies, selai, dan keripik panggang.

Tepung dibuat dari jangkrik yang sudah dikeringkan, lalu dihancurkan hingga halus. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat tepung terbilang sederhana. Hanya berupa blender atau alat penggiling yang digunakan untuk menghancurkan jangkrik hingga halus.

Baca Juga:  Pakan Ternak Berkualitas dari Limbah Jagung

Selain digunakan dalam bentuk tepung, jangkrik juga bisa digunakan dalam bentuk kering atau utuh. Jangkrik bisa ditambahkan ke dalam menu botok, nasi goreng, hingga Chinese food seperti capcay dan sebagainya.


loading...