Manfaat Tersembunyi Biji Pala


Pertanianku – Pala merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Namun, yang sering dimanfaatkan hanyalah bijinya. Sementara itu, buahnya biasa diolah menjadi manisan atau sirup.

Manfaat Tersembunyi Biji Pala

Sebenarnya, pala adalah buah yang langka. Sebab, tanaman ini tidak bisa dijumpai di seluruh wilayah Indonesia. Hanya beberapa wilayah yang dikenal sebagai penghasil pala. Namun, tahukah Anda jika biji pala memiliki manfaat tersebunyi di dalamnya?

Sedikit parutan biji pala yang dimasukkan ke sup atau saus sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Cobalah rasakan manfaat penyembuhan dengan rempah-rempah aromatik ini. Berikut beberapa manfaat tersembunyi biji pala.

  • Mengobati infeksi ginjal

Dalam pengobatan holistik, biji pala sering diresepkan untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengobati infeksi ginjal. Pengobatan tradisional percaya, biji pala juga menyehatkan hati.

  • Melancarkan pencernaan

Selama bertahun-tahun lamanya, biji pala telah digunakan sebagai bumbu obat yang membantu masalah pencernaan. Campurkan biji pala sedikit ke dalam sup Anda dan semur untuk meningkatkan rasa dan menyehatkan usus.

  • Menjaga kekebalan tubuh

Serbuk biji pala menambah aroma dan meningkatkan rasa makanan Anda. Hal ini juga memberi Anda mineral yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kalium, kalsium, zat besi, dan mangan juga ditemukan di biji pala.

  • Mencerahkan kulit

Hanya sedikit biji pala dicampur dengan air atau madu ke dalam pasta, bisa membuat kulit terlihat lebih cerah dalam beberapa hari. Biji pala juga bisa mengurangi bekas luka dan mengurangi jerawat. Anda juga dapat menambahkan scrub biji pala untuk mencerahkan kulit wajah.

  • Meredakan sakit gigi

Biji pala juga telah membuktikan sifat antibakteri yang melindungi gigi dan gusi. Minyak pala memiliki eugenol, yang membantu menyembuhkan sakit gigi.

  • Meningkatkan daya ingat otak
Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Biji pala membuat daya ingat otak menjadi tajam. Hal Ini karena mengandung senyawa organik alami yang disebut miristisin, yang dikenal untuk melindungi otak Anda terhadap penyakit degeneratif seperti alzheimer.

  • Meredakan nyeri otot dan sendi

Minyak esensial yang terdapat di dalam biji pala membantu meredakan rasa sakit atau nyeri pada otot dan sendi. Menerapkannya ke area pembengkakan akan sedikit meredakannya.

loading...
loading...