Manfaat Tersembunyi Buah Amla Bagi Kesehatan


Pertanianku – Buah malaka atau yang biasa disebut amla (Phyllanthus emblica) memang sudah sulit ditemukan. Padahal, buah ini banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan. Di dalam buah amla banyak mengandung zat aktif dan nutrisi penting.

Jika diperhatikan sekilas, buah amla mirip dengan buah cermaim tapi lebih hijau dan berwarna hijau. Kalau soal rasa, buah ini terasa getir dan sedikit asam.

Tingginya kandungan vitamin C, anti-oksidan, zeatin, serta memiliki banyak jenis asam amino, vitamin dan mineral, membuat amla baik dikonsumsi.

Anda pasti penasaran kan manfaat apa saja yang terdapat di dalam buah amla. Berikut beberapa manfaat buah amla yang wajib Anda ketahui:

Menyehatkan pencernaan

Selain anti-oksidan, amla juga kaya akan serat. Hal ini akan membantu menggerakkan makanan dengan mudah melalui lambung dan menjaga pergerakan usus tetap sehat.

Meningkatkan kesehatan mata

Ada banyak penelitian yang membuktikan, minum jus amla dengan madu meningkatkan kesehatan mata, mencegah katarak dan rabun jauh. Jus amla juga mengurangi risiko kebutaan di malam hari atau di Indonesia disebut rabun senja.

Mengurangi kadar gula dalam tubuh

Buah amla sangat baik untuk pasien diabetes tipe 2. Mengonsumsi jus amla secara rutin akan mengurangi kadar gula darah tinggi.

Mencegah penyakit jantung

Amla membantu dalam memperkuat otot jantung dan memompa darah dengan lancar ke tubuh. Amla mengurangi pembentukan kolesterol dan pembangunan plak di arteri serta vena. Karenanya, mengonsumsi amla secara teratur mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Mengurangi risiko kanker

Amla memiliki anti-oksidan tinggi yang mampu melawan radikal bebas. Selain itu, anti-oksidan juga membantu mengurangi kerusakan sel yang berperan sebagai alat ampuh mencegah kanker.

Baca Juga:  Merawat Ginjal agar Lebih Sehat dengan Buah dan Sayuran ini
loading...
loading...