Manfaat Tersembunyi Pohon Mengkudu

Pertanianku — Banyak orang yang menanam pohon mengkudu tapi jarang dimanfaatkan karena rasanya yang tidak sedap. Namun, sudah bukan rahasia lagi jika pohon mengkudu sangat berkhasiat untuk dijadikan obat herbal. Buah mengkudu mengandung acubin L, asperuloside, alizarin, dan beberapa zat antraquinon, asam askorbat, scopoletin, xeronin, dan proxeronine.

pohon mengkudu
foto: pixabay

Pohon mengkudu dapat tumbuh hingga setinggi 10 meter, kulit batangnya berwarna abu-abu atau cokelat kekuningan. Buahnya berbentuk lonjong dengan panjangnya mencapai 15 cm, berwarna hijau keputihan dengan bau yang kurang sedap. Jika buahnya dimasak, akan mengeluarkan biji berwarna hitam kecokelatan.

Mengkudu berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti batuk, darah tinggi, radang amandel, luka terukul, eksim dan ketombe. Berikut ini cara membuat ramuan herbal dari buah mengkudu.

Loading...

Darah tinggi

Gunakan buah mengkudu yang sudah masak dan peras. Ambil sarinya dan campurkan dengan satu sendok makan madu. Aduk hingga rata dan saring. Air perasan tersebut sebaiknya diminum sebanyak dua kali sehari untuk meredakan hipertensi.

Flu dan batuk

Rebus satu buah mengkudu dan satu ruas kencur dengan dua gelas air sampai mendidih hingga air tersisa satu gelas. Selanjutnya, saring dan minum ramuan dua kali dalam satu hari, yaitu pada pagi dan sore hari untuk meredakan demam yang disebabkan angin atau flu dan batuk.

Ketombe

Cuci bersih 3 buah mengkudu masak, lalu parut. Tambahkan air, lalu aduk merata sampai menjadi bubur. Oleskan bubur mengkudu di kulit kepala sampai merata dan biarkan kering. Setelah kering, bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu hingga gatal-gatal di kepala hilang.

Radang amandel

Parut 3 buah mengkudu masak dan peras airnya dengan sepotong kain. Minum air perasan sekaligus satu kali sehari. Ramuan bisa ditambah 1 sendok makan madu. Cara lainnya, parut 1 buah mengkudu masak, tambahkan 1 gelas air hangat, lalu peras. Campur air perasan dengan benalu pohon jeruk purut dan 5 lembar daun adas yang sudah ditumbuk halus. Saring campuran tersebut dan minum airnya satu kali sehari.

Baca Juga:  5 Kunci Membuat Tabulampot Rajin Berbuah

Luka terpukul dan eksim

Cuci bersih buah, kulit, atau akar mengkudu secukupnya, lalu rebus dengan air. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk mencuci muka atau eksim sebanyak tiga kali sehari dengan dosis yang sama.

 

Loading...
Loading...